Estimasi Haji

Jakarta, (Sinhat) Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri, Kementerian Agama, H. Ahda Barori mengatakan, pemerintah sedang mempercepat penerapan sistem pengecekan nomor porsi jemaah haji khusus secara online seperti yang dilakukan dalam penyelenggaraan haji reguler.

"Nantinya estimasi keberangkatan jemaah haji khusus dapat dicek secara online," tukas Ahda ketika dihubungi Sinhat di Jakarta, Kamis sore, (03/11/2016). Sementara, dalam kesempatan yang sama, Kasubdit Pendaftaran Haji, Direktorat Pelayanan Haji Dalam Negeri, Kementerian Agama, Noer Alya Fitra menambahkan, Kementerian Agama berupaya Februari mendatang jemaah haji khusus bisa mengecek estimasi keberangkatannya secara online. "Caranya sama seperti dengan haji reguler. Tinggal masukkan nomor porsinya di menu perkiraan berangkat yang ada di website www.haji.kemenag.go.id," tutur Noer Alya Fitra.

Lanjut dia, secara sistem itu bisa dilakukan. "Dan, harus dilakukan untuk kepentingan perlindungan jemaah itu sendiri. Sehingga tidak ada lagi pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab membohongi jemaahnya. Misalnya, yang mestinya berangkat tahun sekian tapi lantaran ketidaktahuan jemaah itu sendiri maka informasi keberangkatan itu tidak sampai dengan baik kepada jemaah.

Selain itu, dengan bisa diketahuinya estimasi keberangkatan jemaah maka calon jemaah haji tersebut dapat punya rentang waktu yang cukup untuk mempersiapkan keberangkatannya dengan baik. "Bisa persiapan dari dana, mental, fisik, ilmu manasik dan sebagainya," pungkasnya lagi. (ha/CyberTeam/dz)

 

Sumber : https://haji.kemenag.go.id/v3/content/pemerintah-upayakan-estimasi-keberangkatan-haji-khusus-bisa-dicek-secara-online