BPIP Gelar Dialog Jejaring Pancamandala: Membangun Sinergitas Membumikan Pancasila di DIY


BPIP Gelar Dialog Jejaring Pancamandala: Membangun Sinergitas Membumikan Pancasila di DIY
Kategori : KANWIL
Tanggal : 2020-11-17 14:53:12

Yogyakarta (Humas Kemenag DIY)—Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Republik Indonesia menggelar Dialog Jejaring Pancamandala, Selasa (17/11/2020) di Hotel Saphire, Yogyakarta. Kegiatan dengan tema Membangun Sinergitas Membumikan Pancasila di DIY ini akan berlangsung dua hari hingga Rabu (18/11/2020).

Menurut Plt. Deputi Hubungan Antar Lembaga, Sosialisasi, Komunikasi, dan Jaringan BPIP, Prof. Dr. Adji Samekto, M.Hum yang hadir secara daring mengungkapkan, tujuan Pancamandala adalah untuk mengefektifkan penanaman dan pembudayaan nilai-nilai Pancasila di daerah. “Sehingga nilai-nilai luhur Pancasila lebih teraktualisasikan,” ujarnya. Selain itu juga untuk merajut toleransi, serta menjadikan Pancasila sebagi landasan semua aktifitas berbangsa-bernegara.

BPIP Gelar Dialog Jejaring Pancamandala: Membangun Sinergitas Membumikan Pancasila di DIY

BPIP yang baru dibentuk berdasar Perpres Nomor 7 Tahun 2018, menurutnya, perlu menjalin kemitraan dengan perguruan tinggi, instansi lain, dan unsur masyarakat. “Kami menggelar acara ini untuk menyediakan wadah dalam pembudayaan nilai-nilai Pancasila,” tambahnya.

Menurut Prof. Adhi, kelima unsur yang digandeng BPIP adalah pemerintah, masyarakat, akademisi, pelaku usaha dan media. “Sebab sekali lagi Pancasila disusun para pendiri bangsa bukan pepesan kosong, tapi untuk hal-hal yang konkrit,” tukasnya.

Acara kemudian dilanjutkan dialog dengan moderator Rektor UIN Sunan Kalijaga, Prof. Dr. Phill. Al Makin, MA. Hadir pula anggota DPR RI Komisi ll H. Sukamto, SH, Staf Khusus Kepala BPIP Romo Beny Susetyo, Direktur Bina Ideologi, Karakter dan Wawasan Kebangsaan Kementerian Dalam Negeri RI, Kesbangpol DIY, Korem 072 Pamungkas, Polda DIY dan Kanwil Kementerian Agama DIY serta unsur lainnya. Menariknya kegiatan ini dibuka dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya versi lengkap dengan tiga stanza.(bap)

Kontributor : Bramma Aji Putra
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 201

Bagikan