Buka Pembinaan Umat Khonghucu di TITD, Kapusbimdik: Di sini Ada Contoh Nyata Toleransi Umat Beragama


Buka Pembinaan Umat Khonghucu di TITD, Kapusbimdik: Di sini Ada Contoh Nyata Toleransi Umat Beragama Buka Pembinaan Umat Khonghucu di TITD, Kapusbimdik: Di sini Ada Contoh Nyata Toleransi Umat Beragama
Kategori : INFORMASI
Tanggal : 2020-11-16 09:23:32

Tuban (Kemenag)--Kepala Pusat Bimbingan dan Pendidikan (Pumbimdik) Khonghucu Wawan Djunaedi hari ini membuka program pembinaan keagamaan di lingkungan Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Kwan Sing Bio. Demikian dilansir dari kemenag.go.id)

Pembukaan ini sekaligus menandai akan dimulainya kegiatan umat Khonghucu di TITD Kwan Sing Bio. Wawan menyambut baik dimulainya program pembinaan keagamaan, termasuk kebaktian, di TITD. Dia berharap hal itu akan meningkatkan kualitas keagamaan sekaligus mempererat kerukunan antar warga.

Buka Pembinaan Umat Khonghucu di TITD, Kapusbimdik: Di sini Ada Contoh Nyata Toleransi Umat Beragama

"Pusbimdik Kemenag mengapresiasi dibukanya kembali layanan keagamaan bagi umat Khonghucu di Indonesia. Namun, karena masih pandemi, semua harus menerapkan protokol kesehatan," pesan Wawan di Tuban, Sabtu (14/11). 

TITD selama ini menjadi rumah ibadat bagi tiga keimanan, yaitu: Khonghucu, Buddha, dan Tao. Semuanya berjalan harmonis dan penuh kerukunan. "Di sini, ada contoh nyata toleransi umat beragama," ujarnya. 

"Kami berharap harmoni antara tiga umat ini bisa terus berlangsung dan menjadi cerminan moderasi beragama," sambungnya.

Kapusbimdik berkomitmen untuk terus memfasilitasi program peningkatan kualitas keagamaan fan kerukunan masyarakat Khonghucu. Salah satunya, menyelenggarakan dialog antar tiga umat dalam TITD secara intensif. Dengan begitu, hubungan harmonis antara 3 umat akan terus terjaga. 

"Kami secara intensif juga akan berkoordinasi dengan Ditjen Bimas Buddha untuk misalnya, menggelar dialog bersama antara umat atau rohaniwan Khonghucu dan Buddha," jelasnya.

Wawan menambahkan, dalam berbagai kesempatan, Sekjen Kemenag selalu menekankan bahwa pelayanan publik di institusinya harus bersifat nondiskriminatif, netral, dan imparsial. Kehadiran Kapusbimdik di TITD Kwan Sing Bio Tuban menjadi bagian dari upaya tersebut. Sebagaimana lainnya, umat Khonghucu juga harus diberi layanan setara. 

"Kapusbimdik siap untuk menghadiri berbagai perhelatan berbagai elemen umat Khonghucu, dan siap memberikan dukungan baik moril maupun materiil," ujarnya.

"Kami di juga Pusbimdik siap mendukung dan bersinergi dalam pembinaan sehingga umat Khonghucu dapat turut berkontrobusi positif dan optimal dalam pembangunan nasional, khususnya di bidang agama dan keagamaan," tandasnya.

(sumber: kemenag.go.id)

Kontributor : MAGANG
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 237

Bagikan