Pakar Falak: Hasil Hisab Awal Bulan Tidak Otomatis Tentukan Awal Bulan Qamariyah Mulai


Pakar Falak: Hasil Hisab Awal Bulan Tidak Otomatis Tentukan Awal Bulan Qamariyah Mulai
Kategori : KANWIL
Tanggal : 2019-04-05 20:31:22

Bantul (Inmas-DIY)--Sebagai upaya meningkatkan wawasan dan ketrampilan teknis penentuan awal bulan qomariyah, Bidang Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY menyelenggarakan Bimtek Hisab Rukyat, Jumat (5/4), di Pos Observasi Bulan (POB) Syech Bela Belu Parangtritis Kretek Bantul.

 

Menghadirkan dua narasumber Pakar Ilmu Falak, Oman Fathurohman dan Mutoha Arkanudin. Dalam paparannya Oman Fathurohman menyebutkan, hisab awal bulan qomariyah adalah perhitungan tentang posisi bulan yang menandakan awal bulan qomariah.

 

Namun menurutnya, hasil perhitungan tersebut tidak otomatis menyimpulkan kapan awal bulan qamariyah itu mulai. "Hasil perhitungan itu hanya menyediakan data untuk dikonfirmasi dengan konsep atau kriteria awal bulan Qomariyah," ungkap Oman.

 

Dengan demikian, tambahnya, hasil hitungan yang sama belum tentu menyimpulkan tanggal 1 bulan baru qamariah yang sama karena konsep atau kriteria awal bulan qamariah yang digunakan berbeda. 

 

Sementara itu menurut Mutoha Arkanuddin, rukyatul hilal adalah upaya menyaksikan penampakan hilal sore hari setelah matahari terbenam (bakdal gurub) setiap menjelang awal bulan baru Hijriyah.

 

"Jadi terhadap fenomena merebaknya pengamatan hilal di siang hari atau sebelum matahari terbenam (qablal gurub), belum bisa dianggap sebagai rukyatul hilal untuk menentukan awal bulan hijriyah," tegas Mutoha.

 

Selain Oman dan Mutoha, Bimtek ini dihadiri oleh Kasi Pembinaan Syariah Yosep Muniri sekaligus sebagai penanggungjawab kegiatan, Kasi Kemasjidan Heri Gatot, Kasi Pemberdayaan KUA Jauhar Mustofa dan Kasi Kepenghuluan Nur Ahmad Ghojali serta jajaran staf Bidang Urais Binsyar Kanwil Kemenag DIY.

 

Bimtek dengan para peserta  perwakilan Pengurus Badan Hisab Rukyat (BHR), perwakilan pengurus ormas Muhammadiyah dan Nahdlatul ulama se-DIY serta Penyelenggara Syariah Kankemenag se-DIY ini, diakhiri praktik pelaksanaan rukyatul hilal yang dipandu langsung oleh Mutoha Arkanudin.(fzi/bap) 

Kontributor : Bramma Aji Putra
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 665

Bagikan