Ukur Kemampuan Akademik Peserta Didik, MTsN 5 Kulon Progo Gelar Tes IQ


Ukur Kemampuan Akademik Peserta Didik, MTsN 5 Kulon Progo Gelar Tes IQ Peserta didik memperhatikan penjelasan dari petugas sebelum pelaksanaan tes IQ, Senin (9/11).
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2020-11-10 13:13:27

Kulon Progo (MTsN 5 Kulon Progo)--Salah satu hal yang cukup penting bagi suatu lembaga pendidikan adalah mengetahui tingkat kecerdasan peserta didiknya. Inilah yang mendasari MTs Negeri 5 Kulon Progo mengadakan tes IQ bagi peserta didik pada Senin (9/11), bertempat di ruang kelas 8 madrasah setempat. Tes IQ yang diadakan setiap tahun ini diperuntukkan bagi seluruh peserta didik baru MTsN 5 Kulon Progo. Kegiatan ini bekerja sama dengan lembaga Bina Psikodata Yogyakarta yang telah berpengalaman dalam melaksanakan tes IQ di berbagai lembaga.

Peserta didik datang ke madrasah pukul 8 pagi dengan menjalankan protokol kesehatan masa pandemi Covid-19. Siswa memasuki ruang kelas masing-masing dan menempati tempat duduk yang telah diatur sehingga ada jarak cukup antar peserta didik. Sebelum pelaksanaan tes, petugas dari Bina Psikodata memberikan pengarahan yang lengkap dan detail tentang tata cara pelaksanaan tes IQ. Peserta didik mengerjakan tes dengan tenang dan tertib. Ada beberapa dari mereka bahkan terlihat sangat antusias mengikuti tes IQ ini. Beberapa pertanyaan dilontarkan peserta didik kepada petugas maupun bapak dan ibu guru yang ikut mendampingi. Beberapa dari mereka mengaku penasaran karena baru kali ini mengikuti tes IQ.

Ukur Kemampuan Akademik Peserta Didik, MTsN 5 Kulon Progo Gelar Tes IQ

Ukur Kemampuan Akademik Peserta Didik, MTsN 5 Kulon Progo Gelar Tes IQ

Secara umum tes IQ digunakan untuk mengukur kemampuan akademik peserta didik. Sejalan dengan itu, Annurrahman, S.Pd. selaku panitia pelaksana mengatakan bahwa tes IQ ini penting untuk dilaksanakan karena dapat digunakan untuk mengetahui mana siswa yang berpotensi dan mana yang kurang.

“Kenapa tes IQ ini diadakan setiap tahun? Karena kegiatan ini dianggap sangat penting, dimana nantinya kita bisa mengukur kemampuan akademik, analisis, dan pemecahan masalah masing-masing peserta didik. Selain itu bisa juga untuk menilai hambatan intelektual peserta didik,” tandasnya.

Hasil dari tes IQ ini selanjutnya akan diolah dan salah satu tujuannya adalah untuk mencari bibit-bibit peserta didik yang sekiranya berpotensi untuk meraih prestasi. Sehingga kedepannya madrasah bisa semakin berkembang dan meraih lebih banyak prestasi baik di tingkat daerah maupun nasional dan bahkan internasional. (mic)

Kontributor : MTSN5KP
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 270

Bagikan