Satu Tahun Periode Kepala Madrasah, MIN 8 Gunungkidul Sukses Laksanakan PKKM Tahunan


Satu Tahun Periode Kepala Madrasah, MIN 8 Gunungkidul Sukses Laksanakan PKKM Tahunan Laily Fauziah sampaikan sambutan pembukaan PKKM, Senin (9/11/2020)
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2020-11-09 13:31:29

Gunungkidul - Kepala madrasah yang profesional dapat merumuskan sebuah mutu lulusan dari madrasah yang dipimpinnya. Untuk mengukur hal tersebut perlu diadakan penilaian kinerja kepala madrasah (PKKM). Penilaian ini dilakukan secara berkala dalam periode tahunan dan empat tahunan. MIN 8 Gunungkidul telah sukses melaksanakan agenda PPKM periode tahunan, Senin (9/11/2020).

PKKM merupakan proses pengumpulan, pengolahan, analisis, dan interpretasi data tentang kualitas kepala madrasah dalam melaksanakan tugasnya. Kinerja kepala madrasah, sebagaimana juknis, dinilai berdasarkan enam komponen penilaian. Enam komponen penilaian tersebut adalah kepribadian dan sosial, usaha pengembangan madrasah, pelaksanaan tugas manajerial, pengembangan kewirausahaan, supervisi guru dan tenaga kependidikan, dan hasil kinerja kepala madrasah.

Satu Tahun Periode Kepala Madrasah, MIN 8 Gunungkidul Sukses Laksanakan PKKM Tahunan

Satu Tahun Periode Kepala Madrasah, MIN 8 Gunungkidul Sukses Laksanakan PKKM Tahunan

Kegiatan PKKM MIN 8 Gunungkidul dimulai dengan acara pembukaan dimana Laily Fauziah selaku kepala madrasah memaparkan secara garis besar mengenai kondisi madrasah yang dipimpinnya. Selanjutnya ia meminta arahan dari pengawas untuk perbaikan MIN 8 Gunungkidul ke depannya.

Sambutan selanjutnya disampaikan oleh Sihyu Darini Harsiwulan, pengawas madrasah. Dalam sambutannya, ia menjelaskan tujuan dari kegiatan PKKM. “PKKM periode satu tahun ini merupakan kegiatan pemotretan keadaan madrasah oleh pengawas. Untuk mewujudkan madrasah yang baik, setiap individu di MIN 8 Gunungkidul harus saling bekerja sama layaknya keluarga. Harus ada kesadaran untuk saling membantu dan mengingatkan apabila ada kesalahan,” jelasnya.

Setelah acara pembukaan dan sambutan, kegiatan inti PKKM mulai dilaksanakan. Dari enam komponen di atas, terdapat dua pengawas yang memberikan penilaian, yaitu Sihyu Darini Harsiwulan dan Karmanto. Kegaiatan inti penilaian dapat berlangsung dengan lancar dimana terdapat dua hingga tiga guru yang mendampingi kepala madrasah pada setiap standarnya. (tna)

Kontributor : MIN8GK
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 276

Bagikan