MAN 3 Sleman Laksanakan Orasi Akbar Virtual dan Pemilihan Dewan Siswa Periode 2020/2021


MAN 3 Sleman Laksanakan Orasi Akbar Virtual dan Pemilihan Dewan Siswa Periode 2020/2021
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2020-11-05 09:44:40

Sleman (MAN 3 Sleman) – Masa bakti Dewan Siswa (DEWA) MAN 3 Sleman periode 2019/2020 hampir berakhir. Saatnya kepengurusan yang dipimpin oleh Rifqi Andika Maula Fatahna kelas XII PK menuju demisioner dan melakukan reorganisasi. Kegiatan orasi telah dilaksanakan di bulan lalu, mulai dari 28 Oktober hingga puncaknya yaitu orasi akbar pada 31 Oktober 2020.

“Sebanyak 14 kandidat yang masuk adalah siswa-siswi terbaik Mayoga. Siapapun yang akan terpilih, semoga mampu memberikan warna baru dan para siswa mampu berproses dengan baik. Kepada pengurus DEWA periode 2020/2021 harapan kami semoga dapat menjalankan amanah serta tetap seimbang antara kewajiban di bidang akademik maupun organisasi.” pesan Akhmad Mustaqim, S.Ag., M.A., Kepala MAN 3 Sleman.

MAN 3 Sleman Laksanakan Orasi Akbar Virtual dan Pemilihan Dewan Siswa Periode 2020/2021

MAN 3 Sleman Laksanakan Orasi Akbar Virtual dan Pemilihan Dewan Siswa Periode 2020/2021

MAN 3 Sleman Laksanakan Orasi Akbar Virtual dan Pemilihan Dewan Siswa Periode 2020/2021

Orasi yang biasanya dilangsungkan di panggung terbuka Mayoga, maka karena kondisi pandemi, orasi tahun ini dilaksanakan secara virtual melalui zoom meeting. Acara yang dimulai pada pukul 08.30 WIB ini diikuti oleh Guru Pegawai dan seluruh siswa MAN 3. Sebelum orasi akbar, para bakal calon DEWA telah mempromosikan diri melalui instagram dan media sosial lainnya. “Orasi akbar merupakan wadah bagi para bakal calon dewan siswa untuk  menyampaikan visi dan misi. Empat belas kandidat akan mempresentasikan program kerja yang akan dijadikan pedoman untuk menjalankan organisasi DEWA selama satu periode kedepan.” terang M. Fauzan BS., S.Ag., M.Pd.I., Pembina Dewan Siswa MAN 3 Sleman.

 Rangkaian dari kegiatan orasi akbar berikutnya adalah e-voting atau pemilihan bakal calon dewan siswa secara online. E-voting dilakukan melalui google form, dan setiap pemilih hanya diberikan kesempatan memilih tiga orang kandidat dari empat belas bakal calon DEWA Mayoga. Dan pada akhirnya hanya akan diambil sembilan bakal calon saja sebagai peraih nilai atau voting terbanyak yang kemudian akan ditetapkan sebagai Pengurus DEWA Mayoga Periode 2020/2021. 

 “Alhamdulillah, pelaksanaan orasi dan e-voting ini berjalan dengan lancar. Bapak/ibu guru dan teman-teman sangat antusias dalam mengikuti alur kegiatan, dan turut berpartisipasi dalam orasi, seperti bertanya mengenai maksud dan tujuan, visi misi, menanyakan contoh program kerja dan regulasi kedepannya akan seperti apa. Semoga dewan siswa 2020/2021 dapat melanjutkan kiprah pengurus periode sebelumnya untuk mewujudkan cita-cita serta dapat mengimplementasikan harapan Mayoga.” ujar Andika, ketua DEWA periode 2019/2020 dalam chat Whatsapp nya.

Salah satu kandidat untuk posisi ketua, Zanwar Tri Cahya Daroji kelas XI IPS 2 mengungkapkan bahwa orang-orang yang terpilih menjadi DEWA tahun ini memanglah orang-orang yang memiliki kemauan dan kemampuan untuk melanjutkan panji kepengurusan DEWA berikutnya. Ia berharap, kepengurusan DEWA periode 2020/2021 dapat lebih menekankan pada sistem kekeluargaan, memaksimalkan kegiatan yang sempat tertunda selama pandemi, dan dapat memajukan serta mengenalkan nama baik Mayoga, baik di dalam daerah sendiri maupun di luar daerah. (Est/rta)

Kontributor : MAN3SLEMAN
Editor : Titik Nur Farikhah
Dibaca : 143

Bagikan