Kementerian Agama RI Siap Back Up Anggaran Pendirian Asrama Haji DIY


Kementerian Agama RI Siap Back Up Anggaran Pendirian Asrama Haji DIY Dialog antara Sekjen Kemenag RI dan Kakanwil Kemenag DIY dengan Gubernur DIY
Kategori : KANWIL
Tanggal : 2020-11-04 21:16:33

Yogyakarta (Humas Kemenag DIY) - Terkait peningkatan pelayanan jemaah haji, Kementerian Agama berupaya untuk meningkatkan standar kualitas embarkasi haji. Dalam hal ini Embarkasi Haji Solo telah tertinggal dari embarkasi lain yang sudah memenuhi standar setara hotel bintang tiga atau empat sebagai penginapan jema'ah haji khususnya jemaah DIY.

Hal ini ditegaskan Sekretaris Jenderal Kementerian Agama RI Nizar yang sebelumnya menjabat sebagai Dirjen PHU saat melakukan audensi dengan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Kakanwil Kemenag DIY Edhi Gunawan secara virtual pada Rabu (4/11/2020).

Kementerian Agama RI Siap Back Up Anggaran Pendirian Asrama Haji DIY

Kementerian Agama RI Siap Back Up Anggaran Pendirian Asrama Haji DIY

Pihaknya mencontohkan di beberapa provinsi telah melakukan revitalisasi asrama haji bekerja sama dengan pemerintah daerah setempat. "Kerja sama ini berhasil mewujudkan Asrama Haji dengan standar hotel bintang tiga atau empat" tandasnya.

Menurutnya, DIY saat ini memungkinkan untuk memiliki Asrama Haji mengingat bandara YIA sangat representatif sebagai bandara Internasional. 

Nizar menambahkan, konsep pendirian asrama haji sangat fleksibel tidak hanya diperuntukkan bagi jemaah haji namun bisa dipakai oleh masyarakat umum.

"Selain itu asrama haji bisa diberdayakan saat ada event nasional karena kapasitasnya yang cukup besar," imbuhnya.

Selaku Sekjen, Nizar menegaskan siap membackup anggaran pendirian asrama haji. Gambarannya asrama haji akan dilengkapi berbagai fasilitas yang mampu meningkatkan sektor pariwisata.

Gubernur sepakat dengan pendirian asrama haji berstandar hotel bintang tiga atau empat. "Ini sebagai salah satu upaya untuk mendongkrak pariwisata di wilayah Kulon Progo," tuturnya. Mengingat di Kulon Progo hingga saat ini belum ada hotel berbintang, namun terkait lokasi masih dalam pertimbangan agar jarak tempuh jemaah haji ke bandara tidak terlalu jauh.

Gubernur menegaskan tidak ada masalah dengan pendirian Embarkasi Haji, pihaknya juga akan menggandeng RSUP dr. Sardjito untuk memantau kesehatan jemaah haji.

Selaku moderator, Kakanwil Edhi menyampaikan terima kasih atas tanggapan positif dari gubernur. Ia menambahkan terkait pemanfaatan sultan ground hingga saat ini tidak ada masalah. "Asal peruntukannya sama dengan saat pendirian bangunan," ungkapnya sebelum menutup acara. (tnf)

Kontributor : Titik Nur Farikhah
Editor : afauzi
Dibaca : 203

Bagikan