Lindungi Kesehatan Anak, MIN 2 Kulon Progo Gelar BIAS


Lindungi Kesehatan Anak, MIN 2 Kulon Progo Gelar BIAS Kepala MIN 2 Kulon Progo, Imma Fatayati, S.Ag., saat pelaksanaan BIAS di madrasah setempat, Sabtu (3/8)
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2019-08-06 08:20:12

Kulon Progo (MIN2KP) – Pemerintah berusaha memberikan perlindungan kesehatan bagi anak-anak sekolah. Salah satu perlindungan diberikan pada agenda Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS). BIAS ini bertujuan untuk memberikan  perlindungan bagi anak-anak usia sekolah dasar terhadap penyakit campak, rubella dan kanker serviks. Kepala MIN 2 Kulon Progo, Imma Fatayati, S.Ag menyampaikan hal itu di sela-sela acara BIAS terhadap 49 siswanya yang berlangsung di madrasah setempat, Sabtu (3/8).

“Imunisasi ini rutin dilaksanakan pada bulan Agustus. Siswa kelas satu mendapatkan imunisasi campak dan rubella, sedangkan untuk kelas lima dan enam putri imunisasi kanker serviks. Alhamdulillah kegiatan dapat berjalan dengan lancar,” ungkap Imma di dampingi petugas dari Puskesmas Wates, Retno Pujiyati, Amd.Keb dan Husnul Khotimah, Amd.Keb.

Lindungi Kesehatan Anak, MIN 2 Kulon Progo Gelar BIAS

Sementara menurut Retno Pujiyanti bahwa tujuan diberikan imunisasi campak dan rubella (MR) ini untuk melindungi dari penyakit kelainan bawaan, seperti gangguan pendengaran, penglihatan, kelainan jantung dan retardasi mental yang disebabkan adanya infeksi rubella saat kehamilan. “Campak adalah penyakit infeksi menular melalui saluran pernapasan yang disebabkan oleh virus. Sedangkan Rubella merupakan penyakit ringan pada anak, tetapi bila menulari ibu hamil pada tri wulan awal kehamilan dapat menyebabkan keguguran atau cacat pada bayi yang di lahirkan,” terangnya.

“Sedangkan Imunisasi Human Papilooma Virus (HPV) untuk mencegah penyakit kanker serviks. Ini adalah jenis kanker yang banyak menimbulkan kematian pada wanita. Infeksi yang mudah menular melalui hubungan seksual, dapat dicegah dengan pemberian vaksin. Di usia anak-anak ini kekebalan tubuh sangat baik untuk pemberian vaksin HPV,” imbuh Retno. (dan/abi)

Kontributor : KEMENAGKP
Editor : Titik Nur Farikhah
Dibaca : 444

Bagikan