PKKM, Motivasi MTsN 9 Bantul Menjadi Madrasah Menyenangkan Hebat Bermartabat


PKKM, Motivasi MTsN 9 Bantul Menjadi Madrasah Menyenangkan Hebat Bermartabat Tim assessor PKKM dan Kepala MTsN 9 Bantul
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2020-11-04 09:02:54

Bantul (MTsN 9 Bantul) -- Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) MTsN 9 Bantul telah usai dilaksanakan pada Senin (02/11). Bertindak sebagai assessor, H. Samingan, S.Pd., M.Pd.I. dan Drs. H. Mugiyanta, M.Si.. Acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan lagu Visi MTsN 9 Bantul. Kemudian dilanjutkan dengan pengucapan 5 Nilai Budaya Kerja Kementerian Agama Republik Indonesia dan slogan MTsN 9 Bantul. Hal ini dilakukan sebagai bentuk pembiasaan warga MTsN 9 Bantul agar selalu mengingat pijakan dan motivasi bekerja di lingkungan Kemenag, khususnya di MTsN 9 Bantul. 

PKKM adalah kegiatan penilaian kepada kepala madrasah yang diadakan dalam satu tahun, empat tahun, dan delapan tahun. Di MTsN 9 Bantul, PKKM dilakukan dalam rangka menilai kinerja Nur Hasanah Rahmawati, S.Ag., M.M. selama satu tahun kepemimpinan. Samingan mengatakan, PKKM satu tahun bertujuan untuk pemetaan capaian kepala madrasah. Pemetaan digunakan sebagai dasar penyelenggaraan PKB.

PKKM, Motivasi MTsN 9 Bantul Menjadi Madrasah Menyenangkan Hebat Bermartabat

"PKKM ini hanya untuk pemetaan dan tujuan akhirnya ke PKB. Meskipun di sini, kepala madrasahnya sudah pakar PKB," ungkap Samingan dengan nada bercanda.

Atik, panggilan akrab Kepala MTsN 9 Bantul menjadi salah satu penyusun modul PKB Bahasa Inggris. Meskipun begitu, Samingan mengatakan bahwa semua kepala madrasah wajib mengikuti PKB sebagai bentuk pengembangan diri.

Assessor lainnya, Mugiyanta, menyoroti banyaknya inovasi yang dilakukan oleh Atik. Inovasi tersebut menjadi nilai lebih MTsN 9 Bantul. Mugiyanta berharap, inovasi di MTsN 9 Bantul terus dibarengi dengan kelengkapan administrasi dan disesuaikan dengan perkembangan zaman.

"Sebisa mungkin, setiap program terdapat rekapan hasil capaian sehingga mudah untuk dipantau ketercapaiannya," tutur Mugiyanta, "Selain itu, laporan setiap program bisa diunggah ke drive agar bisa dilihat oleh semua warga madrasah," lanjutnya.

Atik menyambut baik semua masukan dari assessor. Seperti tema yang diangkat dalam PKKM MTsN 9 Bantul, Atik yakin bahwa semua masukan bisa menjadi motivasi MTsN 9 Bantul untuk menjadi madrasah menyenangkan yang hebat bermartabat. (and) 

Kontributor : MTSN9BANTUL
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 273

Bagikan