MTsN 8 Sleman Distribusikan Modul Tahfidz Tematik serta Buku PAI dan Bahasa Arab Terbaru


MTsN 8 Sleman Distribusikan Modul Tahfidz Tematik serta Buku PAI dan Bahasa Arab Terbaru
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2020-11-04 07:52:54

Sleman (MTsN 8 Sleman) – Madrasah Tsanawiyah Negeri 8 Sleman terus berupaya meningkatkan mutu pembelajaran siswa – siswinya. Hal ini terlihat saat pihak madrasah membagikan buku PAI yang meliputi mata pelajaran Qur’an Hadits, Fikih, Akidah Akhlak, SKI, dan Bahasa Arab yang dikeluarkan Direktorat KSKK Madrasah dan Dirjen Pendis serta buku Modul Tahfidz Tematik terbitan Kemenag Kabupaten Sleman.

Buku PAI tersebut merupakan buku terbaru yang telah sesuai dengan KMA No 183 tahun 2019 tentang Kurikulum Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab di Madrasah dan KMA 184 tahun 2019 tentang Pedoman Implementasi Kurikulum pada Madrasah.

MTsN 8 Sleman Distribusikan Modul Tahfidz Tematik serta Buku PAI dan Bahasa Arab Terbaru

MTsN 8 Sleman Distribusikan Modul Tahfidz Tematik serta Buku PAI dan Bahasa Arab Terbaru

Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat, di sela – sela kegiatan pembagian buku tersebut, Selasa (03/11/2020) Kepala Perpusatakaan, Siti Nur Hidayati, S.Pd. menjelaskan pembagian buku di lakukan guna mempermudah peserta didik dalam pembelajaran. “Walau pembelajaran masih dilakukan secara online, kehadiran buku paket PAI ini akan sangat membantu siswa dalam memahami materi pembelajaran,” ujar guru Bahasa Inggris tersebut.

“Sebelum datangnya buku paket tersebut pihak perpustakaan juga telah menyiapkan materi pembelajaran PAI, Bahasa Arab serta Modul Tahfidz Tematik dalam bentuk softcopy. Buku – buku tersebut dapat diakses di website madrasah, mtsn8sleman.sch.id,” tambahnya.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Kepala Madrasah, Jazim Kholis, S.Ag. berharap dengan adanya pembagian buku paket tersebut dapat melengkapi sumber belajar selama pembelajaran online serta meningkatkan literasi siswa. “Semoga dengan adanya buku paket dan modul tahfidz ini siswa punya lebih banyak referensi dalam pembelajaran serta minat baca siswa juga meningkat,” ujar Jazim.

KMA 184 Tahun 2019 tentang Pedoman Implementasi Kurikulum pada Madrasah diterbitkan untuk mendorong dan memberi aturan bagaimana berinovasi dalam implementasi kurikulum madrasah serta memberikan payung hukum dalam pengembangan kekhasan Madrasah, pengembangan penguatan Karakter, Pendidikan Anti Korupsi dan Pengembangan Moderasi Beragama pada Madrasah.

Kemudian pada KMA 183 Tahun 2019 bahwa tujuan pengembangan kurikulum PAI yaitu untuk mempersiapkan manusia Indonesia agar memiliki pola pikir dan sikap keagamaan yang moderat, inklusif, berbudaya, religius serta memiliki kemampuan hidup sebagai pribadi dan warga negara yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, produktif, kreatif, inovatif, dan kolaboratif serta mampu menjadi bagian dari solusi terhadap berbagai persoalan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban dunia.

Begitu juga dengan pengembangan kurikulum Bahasa Arab bertujuan mempersiapkan peserta didik yang memiliki kemampuan menggunakan Bahasa Arab sebagai alat komunikasi global dan alat untuk mendalami agama dari sumber otentik yang pada umumnya menggunakan Bahasa Arab dan melalui proses rantai keilmuan (isnad) yang terus bersambung hingga sumber asalnya yaitu al-Qur’an dan Hadits.(imm)

#Tetap Sehat dan Semangat

#LawanCovid-19

Kontributor : MTSN8SLEMAN
Editor : Titik Nur Farikhah
Dibaca : 272

Bagikan