Nobar Ala MTsN 4 Bantul dalam Ikuti Webiner Injektion Computational Thinking


Nobar Ala MTsN 4 Bantul dalam Ikuti Webiner Injektion Computational Thinking
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2020-11-02 11:23:51

Bantul (MTsN 4 Bantul)- Nonton Bareng(Nobar) atau mengikuti Webiner secara bersama -sama ala Guru MTsN 4 Bantul dalam mengikuti kegiatan seminar online yang diselenggarakan oleh Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia, Senin(2/11/2020).

Webiner dengan tema Injeksi Computation Thinking di Madrasah merupakan webiner mengkaji kemampuan berpikir untuk menyelesaikan suatu permasalahan secara menyeluruh, logis dan teratur. Guru sebagai tenaga pendidik sangat perlu mengembangkan Computational Thinking dalam pembelajaran.

Nobar Ala MTsN 4 Bantul dalam Ikuti Webiner Injektion Computational Thinking

Inggriyani, Sebagai Narasumber webiner menjelaskan pentingnya seseorang menerapkan konsep berpikir Computational Thinking. “Komputasi adalah tehnik pemecahan masalah yang sangat luas wilayah penerapannya, bukan hanya masalah komputer saja, namun juga menyelesaikan berbagai masalah di dalam kehidupan sehari-hari”. Hal ini sejalan dengan konsep kebijakan pendidikan saat ini, “kita harus merubah konsep pendidikan menjadi pendidikan Merdeka Belajar agar pembelajaran lebih menyenangkan dan memerdekakan siswa sebagai subyek dan obyek belajar,” tegas Inggri.

Lebih lanjut Inggri menjelaskan, ”Berpikir komputation Thinking tidak selalu berhubungan dengan komputer. Kita dapat menggunakan tehnik berpikir komputasi dalam permasalahan sehari-hari. Berpikir tehnik ini perlu berpikir kritis, praktek untuk semua dan tersirat dalam kegiatan-kegiatan agar anak solutif, efektif dan kreatif mensikapi keadaan.”

Sementara Munajat sebagai narasumber 2 menyampaikan materi Injeksi Computation Thinking di madrasah memberikan penjelasan “Kondisi pendidikan di Indonesia menempati urutan 71 dari 89 negara. Pendidikan kita masih memprihatikan, maka kebijakan pendidikan hendaknya dirubah agar dapat mengejar ketinggalan kualitas pendidikan Indonesia,”tegasnya. “Konsep digitalisasi pendidikan sudah menjadi keharusan untuk mengejar ketertinggalan mutu pendidikan,” tambahnya.

Webiner ini memberikan wawasan konsep berpikir praksis  guru MTsN 4 Bantul dengan pengumpulan data, pemecahan masalah secara efektif dan efisien. Webiner yang diikuti oleh seluruh guru MTsN 4 Bantul ini dilaksanakan dengan nonton bareng (nobar) dan ditayangkan menggunakan LCD bertempat di Perpustakaan MTsN 4 Bantul. Ini merupakan webiner ala MTsN 4 Bantul dalam mengikuti setiap webiner di masa pandemi ini.

Kepala Madrasah, Siti Solichah,S.Pd mengapresiasi dan mendukung sepenuhnya kegiatan nobar ala MTsN 4 Bantul yang selama ini mengalami kendala jaringan setiap mengikuti webiner.”Silahkan ikuti dan serap ilmu yang diberikan narasumber, semoga bapak ibu guru bisa menyerap ilmu dan menerapkan dalam pekerjaan sehari-hari”.(khj)

Kontributor : MTSN 4 BANTUL
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 265

Bagikan