Pratistia Sekar Rahmadani, Siswi MTsN 9 Bantul Wakili DIY dalam Ajang KSN 2020


Pratistia Sekar Rahmadani, Siswi MTsN 9 Bantul Wakili DIY dalam Ajang KSN 2020
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2020-11-02 10:30:39

Bantul (MTsN 9 Bantul) – Minggu (1/11), pembukaan Kompetisi Sains Nasional (KSN) Pendidikan Dasar Tingkat Nasional Tahun 2020 telah dilaksanakan secara daring dan diikuti beberapa siswa yang terpilih di tingkat provinsi. Siswa MTsN 9 Bantul, Pratistia Sekar Rahmadani terpilih mewakili DIY maju KSN tingkat nasional bidang IPS yang dilaksanakan mulai tanggal 2-3 November 2020 secara daring. Sebuah prestasi besar bagi MTsN 9 Bantul dapat berkontribusi menjadi perwakilan provinsi untuk maju ke tingkat nasional.

KSN merupakan ajang kompetisi sains bagi siswa tingkat SD, SMP, dan SMA di seluruh Indonesia yang sebelumnya dikenal sebagai Olimpiade Sains Nasional (OSN). Bidang sains yang dilombakan adalah Matematika, IPA, dan IPS. KSN ini diadakan oleh Pusat Prestasi Nasional, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan dengan beberapa tahap seleksi. Seleksi pertama dilaksanakan secara daring untuk memilih beberapa siswa yang akan maju ke tingkat nasional sebagai perwakilan provinsi. Seleksi tersebut telah dilaksanakan pada bulan Oktober 2020.

Dalam seleksi KSN tingkat provinsi, terpilih 17 siswa SMP/MTs sebagai Perwakilan DIY untuk maju ke tingkat nasional pada bidang Matematika, IPA, serta IPS. Peserta yang terpilih dalam bidang Matematika adalah Abdullah Ahmad Yusuf dari SMP Kesatuan Bangsa, Alifa Batrisyia Nariswari dari SMP N 8 Yogyakarta, Mohammad Aryasatya Arifien dari MTsN 6 Sleman, Elke Silvana Ismi dari SMP Binajaya Banguntapan Bantul, Aldanisa Krisda Putri dari SMP N 4 Pakem, dan Maulana Satya Adigama dari SMP N 5 Yogyakarta.

Bidang IPA terpilih Jasmine Alyaa Sihabuddin dari SMP N 2 Mlati, Kalinda Ramadhani Putri dari SMP Islam Al Azhar 38, Daneswara Ramadhana Rafif Wicaksono dari SMP N 8 Yogyakarta, Sultan Faiz Fardianto dari MTsN 4 Bantul, Chessa Audreynanta dari SMP N 2 Ngaglik, dan Latif Anwar dari SMP Kesatuan Bangsa. Bidang IPS terpilih Pratistia Sekar Rahmadhani dari MTsN 9 Bantul, Zefanya Arum Kusumaningtyas dari SMP N 1 Panjatan, Nadia Fatha Rosyida dari SMPIT LHI Banguntapan, Dewi Tyas Utami dari SMP N 1 Wonosari, dan Daniel Jacob Alexander Purba dari SMP Kristen Kalam Kudus Yogyakarta.

Peserta KSN yang mewakili DIY akan bersaing dengan peserta lain di seluruh Indonesia. Sebagai perwakilan dari MTsN 9 Bantul, Sekar, sapaan akrabnya, bersyukur dapat membawa nama baik madrasahnya mewakili DIY untuk maju KSN di tingkat Nasional. Ia berharap, doa dan dukungan penuh dari keluarga, madrasah, dan teman-teman terdekatnya agar bisa menang di tingkat nasional.

Kepala MTsN 9 Bantul, Nur Hasanah Rahmawati, S.Ag., M.M., memberikan dukungan penuh kepada siswanya agar dapat menang di tingkat nasional. Ia bersama seluruh guru dan pegawai MTsN 9 Bantul setiap pagi memanjatkan doa dengan bermujahadah sebagai wujud dukungan bagi siswa MTsN 9 Bantul yang sedang mengikuti lomba agar bisa menang.

“Alhamdulillah, MTsN 9 Bantul dapat berkontribusi mewakili DIY pada perlombaan KSN bidang IPS di tingkat nasional. Kami berharap semoga pada kompetensi tingkat nasional ini, Sekar dapat memenangkan perlombaan. Doa dan dukungan penuh akan selalu kami panjatkan untuk kelancara KSN,” tutur Atik. (gas) 

Kontributor : MTSN9BANTUL
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 248

Bagikan