MTs Negeri 5 Kulon Progo Memperingati Hari Santri Nasional 2020


MTs Negeri 5 Kulon Progo Memperingati Hari Santri Nasional 2020 Pendidik dan tenaga kependidikan MTs Negeri 5 Kulon Progo mengikuti Upacara Hari Santri secara virtual.
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2020-10-22 20:48:17

Kulon Progo (MTs N 5 Kulon progo) – Kamis, 22 Oktober 2020 adalah hari istimewa bagi para santri di Indonesia. Tanggal ini dipilih merujuk pada peristiwa tentang seruan yang dibacakan oleh pahlawan Nasional KH Hasjim Asyar’i pada 22 Oktober 1945. Seruan ini berisi tentang ajakan melawan Sekutu yang mempunyai keinginan untuk kembali menjajah Indonesia yang telah merdeka setelah Proklamasi Kemerdekaan oleh Ir. Soekarno. Guna mengenang peristiwa tersebut, Presiden Joko Widodo pada 15 Oktober menandatangani Keoputusan Presiden Nomor  22 Tahun 2015 tentang penetapan 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional.

Turut ambil bagian, segenap warga Kementerian Agama, termasuk pendidik dan tenaga kependidikan MTs Negeri 5 Kulon Progo mengikuti kegiatan upacara Hari Santri tahun 2020. Upacara Hari Santri pada tahun ini mengusung tema “Santri Sehat Indonesia Kuat” yang sesuai dengan kondisi saat ini, dengan harapan santri Indonesia secara khusus dan masyarakat Indonesia umunya senantiasa berada dalam keadaan sehat sehingga Indonesia kuat dalam menghadapi situasi apapun. Upacara dilaksanakan secara virual baik melalui Zoom maupun live streaming Youtube mengingat kondisi Indonesia yang masih dilanda pandemi Coronavirus Desease 2019 (COVID-19).

MTs Negeri 5 Kulon Progo Memperingati Hari Santri Nasional 2020

MTs Negeri 5 Kulon Progo Memperingati Hari Santri Nasional 2020

Usai upacara, acara dilanjutkan dengan berdzikir dan berdoa bersama secara virtual dari Kementerian Agama. Dzikir dan doa bersama dilaksanakan di Masjid Jabal Thariq MTs Negeri 5 Kulon Progo. Dengan selesainya doa bersama, selesai pula serangkaian peringatan Hari Santri Nasional tahun 2020. Dalam pelaksanaannya, warga MTs Negeri 5 Kulon Progo serentak memakai dresscode atasan putih berpeci serta memakai sarung bagi laki-laki, sedangkan perempuan memakai pakaian dan hijab serba putih. Tidak lupa peserta upacara memakai masker dan menjaga jarak satu sama lain sesuai protokol kesehatan. (jkp)

Kontributor : MTSN5KP
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 150

Bagikan