Pedoman Implementasi Kurikulum Madrasah: Tema Radin MAN 4 Bantul


Pedoman Implementasi Kurikulum Madrasah:  Tema Radin MAN 4 Bantul Kamad MAN 4 Bantul Singgih Sampurno memaparkan materi Radin
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2020-10-17 23:14:20

Bantul (MAN 4 Bantul) - Di tengah pandemi yang belum menunjukkan kapan situasi normal kembali Sabtu (17/10), Madrasah Aliyah Negeri 4 Bantul mengadakan Rapat Dinas (Radin) bulan Oktober yang dihadiri seluruh guru dan pegawai bertempat di ruang kelas XII IPA, karena MAN 4 Bantul belum mempunyai aula. Pada pelaksanaan Radin tetap menerapkan protokol kesehatan guna pencegahan persebaran virus covid-19. Hal tersebut diterapkan di madarasah dengan mencuci tangan sebelum masuk ruang rapat, penggunaan masker, dan jaga jarak minimal 1 meter.

Radin yang dimulai pukul 07.45 WIB langsung dipimpin oleh Singgih Sampurno selaku Kepala Madrasah. Pada kesempatan tersebut beliau menyampaikan hasil dari kegiatan Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) yang telah terlaksana pada hari Jum’at (16/10) kemarin.

Selaku Kepala Madrasah dalam Radin bulan Oktober 2020, Singgih memaparkan tentang Pedoman Implementasi Kurikulum Madrasah. Dalam paparannya Singgih menjelaskan bahwa, Semangat Manajemen Berbasis Madrasah (MBM), telah memberikan otonomi yang luas kepada madrasah dalam mengelola pendidikan. Salah satunya adalah madrasah dapat mengembangkan kurikulum tingkat satuan pendidikan sesuai visi, misi, tujuan dan kondisi madrasahnya.

Masih kata Singgih selaku Kepala Madrasah “Kurikulum madrasah hendaknya dikembangkan dengan memperhatikan tujuan pendidikan nasional, tujuan madrasah, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta tuntutan zaman. Khususnya dalam menghadapi revolusi industri 4.0, madrasah harus dapat menyiapkan kompetensi peserta didik di era milenial untuk dapat melaksanakan pembelajaran abad 21.”

Selanjutnya Singgih menjelaskan maksud tujuan Pedoman Implementasi ini dilaksanakan, yaitu sebagai panduan bagi satuan pendidikan dalam mengimplementasikan kurikulum di madrasah yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada madrasah untuk berinovasi dalam mengimplementasikan kurikulum madrasah. “Salah satunya membuka ruang inovasi dan kreasi madrash dalam melayani keberagaman bakat dan minat peserta didik,”ungkap Singgih.

Adapun MAN 4 Bantul dalam melaksanakan diversifikasi keunggulan madrasah dalam bentuk, layanan SKS, pemunculan muatan lokal riset, memberi ruang luas peserta didik berprestasi sesuai bakat dan minat, serta pendampingan akademik maupun nonakademik.

Di akhir pemaparannya Singgih mengharapkan seluruh guru dan pegawai MAN 4 Bantul memberikan pelayanan pendidikan yang terbaik untuk peserta didik dengan kasih sayang dan keikhlasan melalui inovasi dan kreasi tiada henti demi mewujudkan “Madrasah Hebat Bermartabat” dengan slogan Madrasah Istimewa “Prestasi sebagai Tradisi”. (ica)

Kontributor : MAN4BANTUL
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 145

Bagikan