Pasca Diklat, Dua Guru MTsN 5 Gunungkidul Semangat Berbagi Ilmu


Pasca Diklat, Dua Guru MTsN 5 Gunungkidul Semangat Berbagi Ilmu Dua Guru MTsN 5 Gunungkidul lakukan diseminasi hasil diklat, Senin (12/10/2020)
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2020-10-14 11:29:22

Gunungkidul (MTsN 5 Gunungkidul) -- Usai ikuti diklat, dua guru muda MTsN 5 Gunungkidul gelar diseminasi pada Senin (12/10/2020). Mereka yakni Aan Anepi (guru bahasa Arab) dan Yoma Taufani Oktafirdaus Yusmal (guru Seni Budaya) yang sebelumnya mengikuti Diklat Di Wilayah Kerja (DDWK) dengan materi Publikasi Ilmiah yang diselenggarakan oleh Balai Diklat Keagamaan (BDK) Semarang pada 28 Agustus - 03 Oktober 2020 lalu. 

Diseminasi dilakukan di hadapan seluruh guru Matsalim GK dengan metode presentasi. Materi yang disampaikan mencakup jenis-jenis publikasi ilmiah, cara menulis dan mempublikasikan artikel ilmiah dan perhitungan angka kredit. 

"Publikasi ilmiah merupakan salah satu tuntunan profesional guru. Bisa dilakukan dengan membuat buku dan upload artikel di jurnal, koran atau majalah," terang Aan Anepi. 

Sementara, Yoma Taufani mengatakan bahwa publikasi ilmiah sangat mendongkrak dalam proses kenaikan pangkat. "Dengan melakukan publikasi ilmiah, kita mendapat angka kredit yang banyak. Misalnya buku ber-ISBN itu bisa sampai 4 poin," tandasnya. 

Di akhir, kepala Matsalim GK, Dedy Mustadjab, menyampaikan apresiasi terhadap kegiatan diseminasi ini. Pihaknya mendorong seluruh guru untuk aktif melakukan pengembangan diri dan karir, namun tetap harus ikhlas berbagi. (nes)

Kontributor : MTSN5GK
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 78

Bagikan