Kembangkan Jiwa Entrepreneur dan Life Skill Siswa, MTsN 6 Bantul Hasilkan Produk 3M


Kembangkan Jiwa Entrepreneur dan Life Skill Siswa, MTsN 6 Bantul Hasilkan Produk 3M
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2020-10-13 19:50:08

Bantul (MTsN 6 Bantul) - Alam Indonesia sangat kaya akan hasil bumi. Berbagai jenis tanaman buah bisa tumbuh sebagian besar di iklim tropis Indonesia. Salah satunya adalah buah markisa. Buah bernama latin Passiflora edulis ini seringkali kita jumpai di halaman atau kebun milik warga. Daunnya yang mudah merambat seringkali di manfaatkan untuk menampilkan kesan rindang di teras rumah. Buah markisa banyak memiliki khasiat untuk kesehatan, karena mengandung antioksidan yang tinggi guna mencegah dan menanggulangi berbagai macam penyakit. Selain itu buah markisa juga dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh yang sangat dibutuhkan manusia di masa pandemi covid 19 sekarang ini. Namun manfaat ini kurang diketahui masyarakat luas, sehingga banyak buah markisa hanya terbuang sia-sia dan tidak dimanfaatkan.

Berbekal latar belakang tersebut, MTsN 6 Bantul berusaha menciptakan inovasi dan menangkap peluang usaha dari keberadaan buah markisa ini. Hasilnya adalah produk selai 3M (Markisa Marmelade Matsanaba). Produk rendah kalori ini dibuat oleh beberapa siswa binaan dari kelas IX.  Pembuatannya didampingi oleh penggagas produk ini yaitu Fauka Nurul, S.Pd yang juga mengampu mata pelajaran SBK di MtsN 6 Bantul.

Proses pembuatan marmelade ini sangatlah praktis dan tidak menggunakan bahan pengawet, sehingga sangat aman di konsumsi. Kepala MTsN 6 Bantul, Mafrudah, S.Ag. M.Pd I sangat mengapresiasi inovasi dan usaha yang di lakukan oleh Fauka Nurul, S.Pd dan beberapa siswa binaanya. Hal ini menandakan adanya kepedulian terhadap lingkungan sekitar, juga melatih jiwa entrepreneur atau wirausaha dalam diri siswa MTsN 6 Bantul.

"Ini adalah hasil yang luar biasa, di masa pandemi kita bisa membuka peluang usaha dengan memanfaatkan kekayaan alam sekitar. Harapan saya, anak-anak makin tertarik untuk mengembangkan life skill, memiliki jiwa berwirausaha sebagai bekal hidup di masa depan," ucap Mafrudah. Produk olahan Markisa Marmelade Matsanaba yang sedang mengurus izin produksi ini juga sempat dikunjungi proses pembuatannya oleh Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Bantul, Aidi johansyah, S.Ag, M.M beberapa pekan yang lalu bersamaan dengan kegiatan launching nama baru perpustakaan. (rt)

Kontributor : MTSN6BANTUL
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 202

Bagikan