MAN 2 Yogyakarta Bekali Siswa Sukses Studi Lanjut


MAN 2 Yogyakarta Bekali Siswa Sukses Studi Lanjut Koordinator BK, Umi Solikatun, S.Pd
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2020-10-10 18:15:41

Yogyakarta (MAN 2 Yogyakarta) – Out put MAN 2 Yogyakarta setiap tahunnya yang diterima di Perguruan Tinggi Negeri terus mengalami peningkatan secara signifikan. Koordinator BK MAN 2 Yogyakarta, Umi Solikatun menambahkan tentang suksesi out put studi lanjut, :“Proses layanan BK oleh guru asuhnya sejak kelas X, mulai dari pengenalan potensi diri, bakat dan minat, evaluasi dan refleksi prestasi belajar dari semester ke semester, Analisa SWOT hingga simulasi nilai dan pemetakan rencana studi lanjut bukan sebuah proses yang singkat. Pemahaman akan rencana diri hingga pengambilan keputusan akhir berkolaborasi antara siswa, orang tua dan guru menjadi hal penting untuk dicatat selain usaha spiritual yang senantiasa mendekatkan diri pada Allah SWT.”

Motivasi, membuka wawasan tentang tujuan dan target studi lanjut, MAN 2 Yogyakarta selalu menggandeng institusi lain, termasuk institusi non formal. Kamis (08/10/2020) bersama Neutron gelar webinat tentang Motivasi dan Bimbingan Kelas Besar secra virtual. Acara dipandu oleh koordinator BK, Umi Solikatun.

MAN 2 Yogyakarta Bekali Siswa Sukses Studi Lanjut

MAN 2 Yogyakarta Bekali Siswa Sukses Studi Lanjut

MAN 2 Yogyakarta Bekali Siswa Sukses Studi Lanjut

Saat webinar, Nutron memberikan kiat-kiat sukses bagaimana agar dapat diterima di Perguruan Tinggi Negeri sesuai impian. Setiap pejuang PTN musti satu langkah lebih di depan dan lebih dahulu dibanding kompetitor lainnya. Tes UTBK berupa Tes Potensi Akademik Skolastik, yaitu sebuah tes yang bertujuan untuk menguji kemampuan dasar peserta UTBK dalam logika, analisis, dan lainnya yang meliputi: Penalaran Umum. Pemahaman Bacaan dan Menulis. Pengetahuan dan Pemahaman Umum.

Dibutuhkan persiapan jauh-jauh hari jika ingin sukses UTBK dan mendapatkan bangku PTN. Tidak hanya persiapan dengan melatih kemampuan tes skolastik tetapi juga kesiapan mental, kompetitor yang akan dihadapi juga melakukan persiapan matang. Dibutuhkan sinergiatas dari berbagai pihak baik dari diri inter siswa, madrasah tempat pelayanan pembelajaran, orang tua siswa, lingkungan juga pemerintah yang menggulirkan regulasi.

Webinar diakhiri dengan pemaparan cara penyelesaian soal UTBK dengan penalaran. Dengan penalaran jika siswa memhami konsepnya, maka kasus yang ditampilkan pada UTBK, dapat dengan mudah diselesaikan. (pus)

Kontributor : MAN2YOGYA
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 155

Bagikan