MAN 4 Sleman Adakan Teachers Upgrading and Character Building


MAN 4 Sleman Adakan Teachers Upgrading and Character Building Mohamad Yusuf menekankan guru harus selalu meng-upgrade diri agar menjadi pribadi profesional
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2020-10-08 06:53:04

Sleman (MAN 4 Sleman) - Meskipun pandemi, MAN 4 Sleman tetap melakukan banyak kreasi, setelah focus siswa kini untuk guru pegawai dengan kegiatan Upgrading and characters building. “Menyongsong prestasi siswa, kita menyelenggarakan pertemuan untuk pendampingan kepada siswa meski hanya sekali dalam seminggu. Ini dapat dijadikan penguatan karakter dan prestasi bagi peserta didik, penerapan protokol kesehatan ketat.  Banyak madrasah ingin mencontoh.  Sementara untuk guru, kita adakan upgrade dan character building, mengingat pendidik dan tenaga kependidikan harus terus me-refresh,  meningkatkan kinerja sebagai layanan untuk peserta didik,” papar Mohammad Yusuf, S.Ag kepala MAN 4 Sleman saat menyampaikan pengantar pada Teachers Upgrading and Character Building Selasa (06/10/2020) di aula madrasah.

MAN 4 Sleman berada di lereng Merapi yang sudah dikenal seluruh dunia.  Ini potensi nantinya madrasah akan dikenal ke penjuru nusantara bahkan dunia.  Satu hal yang harus dilakukan adalah memberikan layanan pendidikan dengan banyak inovasi oleh pendidik dan tenaga kependidikan, tegas Yusuf.  Kegiatan berlangsung 2 hari Selasa – Rabu (6–7/10/2020) bersama Smart Vision Yogyakarta. Turut hadir Drs. H. Qomarudin M.Pd pengawas madrasah. “Kami berharap guru pegawai dapat mengikuti upgrading & character building ini dengan baik dan optimal.  Bila kondisi kurang sehat, guru pegawai boleh meninggalkan acara. Alhamdulillah, semua sehat dan MAN 4 Sleman sudah bisa memasukkan siswa, dengan ketat protocol kesehatan,” tutur Qomarudin. Menurutnya jumlah hadir siswa di madrasah berkisar 15,5%, penting pula bagi guru untuk memperoleh bekal dari teknik dan strategi pembelajaran maupun refresh mental dan karakter.   

MAN 4 Sleman Adakan Teachers Upgrading and Character Building

Qomar menegaskan bahwa akan diadakan Uji coba Assesment Kompetensi Guru (AKG), Assesment Kompetensi Kepala Madrasah, Asessment Kompetensi Pegawai (AKP) akan dilaksanakan 12-26 November 2020 di seluruh Indonesai, dengan syarat  seorang guru harus punya nilai Penilaian Kinerja Guru (PKG). “Oleh karena itu, mohon segera melaksanakan PKG dan pengawas akan berkeliling di 12 madrasah.  Untuk instrumen baru sudah diperbaiki. Para pengawas DIY baru menyempurnakan dan konsep tersebut akan dibahas di bidang kemenag DIY untuk segera diterapkan,” lanjutnya.

AKG bertujuan untuk memetakan kompetensi guru.  Adapun materi yang diujikan meliputi 4 (empat) kompetensi yakni pedagogi, kompetensi profesional, literasi, numerasi (grafik data angka analisa dan lainnya) pada 2-6 November mendatang. Ia pun meminta para  guru harus mempersiapkan dengan sebaik-baiknya.  Pemateri dari Smart Vision Yogyakarta diantaranya Master Aziz, Coach Erick, Master Salim dan team Outbond.  (eds)

Tetap Sehat dan Semangat #LawanCovid-19

Kontributor : MAN4SLEMAN
Editor : Titik Nur Farikhah
Dibaca : 171

Bagikan