Workshop Peningkatan SDM di MAN 2 Bantul, Upaya Kanwil Berdayakan Madrasah Vokasi


Workshop Peningkatan SDM di MAN 2 Bantul, Upaya Kanwil Berdayakan Madrasah Vokasi Peserta workshop peningkatan SDM madrasah vokasi
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2020-10-08 05:14:02

Bantul (MAN 2 Bantul) – Memberdayakan sesuatu bisa diupayakan dengan berbagai cara sesuai kebutuhan yang diperlukan. Menyesuaikan dengan kondisi dan situasi serta mensinkronkan dengan suasana merupakan hal penting yang harus diperhatikan dalam upaya memberdayakan sesorang atau sebuah komunitas tertentu. Di bidang pendidikan upaya memberdayakan sekolah atau madrasah dengan ciri khas tertentu dapat dilakukan dengan peningkatan sumber daya manusia (SDM), setelah itu diharapkan personil yang terlatih akan memajukan sekolah tempatnya bertugas.

Demikian yang dilakukan oleh Bidang Pendidikan Madrasah Kantor Wilayah Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta pada Selasa (6/10/2020) telah menyelenggarakan worshop peningkatan SDM bagi madrasah vokasi bertempat di MAN 2 Bantul. Kegiatan yang mengedepankan tema implementasi teaching factory dan manajemen halal pada madrasah vokasi ini adalah salah satu proyek perubahan yang diusung Kakanwil Kemenag DIY Drs. H. Edhi Gunawan, M.Pd.I.

Menurut Kepala Bidang Pendidikan Madrasah H. Muntolib, S.Ag, M.Si kegiatan ini dilakukan untuk memberdayakan madrasah vokasi yang akan menjadi pilot project profil madrasah plus keterampilan yang ada di DIY. Keempat madrasah yang menjadi peserta workshop adalah MAN 2 Bantul, MAN 1 Sleman, MAN 2 Yoyakarta dan MAN 2 Kulon Progo.

Sementara itu Kasi Kurikulum dan Kesiswaan Bidang Pendidikan Madrasah Hj. Anita Isdarmini, S.Pd, M.Hum yang bertindak sebagai moderator workshop mengatakan bahwa program yang dilaksanakan oleh Kanwil ini juga merupakan program Kemenag Pusat sehingga salah satu narasumber yang dihadirkan adalah Sekretaris BPJPH (Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal) Kemenag Pusat Drs. H. Lutfi Hamid, M.Ag. “Kegiatan workshop ini adalah salah satu upaya Kanwil untuk memberdayakan madrasah vokasi yang ada di DIY, kali ini 4 MAN peserta workshop direncanakan sebagai pilot projectnya,” tutur Anita. (edp)

 

Tetap sehat dan semangat#Lawan Covid19

 

Kontributor : MAN 2 BANTUL
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 59

Bagikan