Secara Virtual, MTsN 8 Sleman Ikuti Upacara Hari Kesaktian Pancasila


Secara Virtual, MTsN 8 Sleman Ikuti Upacara Hari Kesaktian Pancasila
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2020-10-02 12:47:16

Sleman (MTsN 8 Sleman) –  Setiap tanggal 1 Oktober kita peringati Hari Kesaktian Pancasila dengan Upacara yang mendekatkan masyarakat yang berbeda beda tetapi tetap satu Indonesia.  Namun, dengan situasi pandemi Covid-19 yang masih berlangsung hingga saat ini, kegiatan Upacara Bendera yang biasanya dilaksanakan melibatkan seluruh warga madrasah kini urung dilakukan.

Kendati demikian, pandemi saat ini tetap tak menyurutkan semangat civitas akademi MTsN 8 Sleman dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila. Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di tahun 2020 kali ini upacara digelar secara virtual di Ruang Aula MTsN 8 Sleman, Dukuh Pelemsari Bokoharjo Kecamatan Prambanan, Kamis (01/10/2020). Dalam kegiatan ini, Kepala Madrasah, Jazim Kholis, S.Ag. turut didampingi Kepala Tata Usaha, Mekar Dwi Astuti, S.H.I. beserta wakil kepala madrasah, guru dan pegawai dengan penuh khidmat mengikuti upacara virtual melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Secara Virtual, MTsN 8 Sleman Ikuti Upacara Hari Kesaktian Pancasila

Secara Virtual, MTsN 8 Sleman Ikuti Upacara Hari Kesaktian Pancasila

Tepat pukul 07.15 WIB Bendera Merah Putih berkibar satu tiang penuh di halaman madrasah, menandai dimulainya rangkaian kegiatan. Kemudian dilanjutkan pada pukul 07.30 WIB warga madrasah MTsN 8 Sleman telah bersiap di ruang Aula untuk mengikuti seluruh rangkaian upacara virtual.

Diketahui, Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2020 digelar di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur dengan tema Indonesia Maju Berlandaskan Pancasila. Presiden Joko Widodo menjadi inspektur upacara.

Upacara diawali menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Kemudian, acara dilanjutkan dengan mengheningkan cipta untuk para pahlawan. Selanjutnya pembacaan Teks Pancasila oleh Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Lalu pembacaan Naskah Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 oleh Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti. Acara kemudian dilanjutkan dengan pembacaan ikrar oleh Ketua DPR RI Puan Maharani. Kemudian, ditutup doa oleh Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI Muhadjir Effendy.

“Upacara peringatan kali ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19. Meski tidak semua peserta upacara bisa hadir secara fisik. Namun, seluruh guru dan pegawai MTsN 8 Sleman tetap bisa mengikuti upacara secara virtual dan upacara tetap bisa berlangsung secara khidmat,” ujar Jazim.

“Upacara Hari Kesaktian Pancasila ini untuk memperkuat kesetiaan kita sebagai Warga Negara agar selalu cinta terhadap Pancasila sebagai Dasar Negara Indonesia,”tambahnya mengakhiri pembicaraan.(imm)

*Tetap Sehat dan Semangat*

*#LawanCovid-19*

Kontributor : MTSN8SLEMAN
Editor : Titik Nur Farikhah
Dibaca : 159

Bagikan