Sosialisasi Kemudahan Urus IMB, KUA Gamping Undang Takmir Masjid dan Musholla


Sosialisasi Kemudahan Urus IMB, KUA Gamping Undang Takmir Masjid dan Musholla
Kategori : INFORMASI
Tanggal : 2020-10-02 11:23:21

Sleman (Humas Kemenag DIY)—Izin mendirikan bangunan (IMB) adalah sesuatu yang sangat penting, karena pendirian bangunan termasuk bangunan rumah ibadah yang tanpa izin rentan timbul masalah atau dipermasalahkan oleh pihak tertentu. Oleh karnanya  agar terlindungi setiap pendirian bangunan rumah baik untuk tempat tinggal, tempat usaha dan juga rumah ibadah harus mengajukan izin mendirikan bangunan kepada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perijinan Terpadu.

Menyadari hal itu, Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Gamping, Kabupaten Sleman, menggelar Sosialisasi dan Realisasi Percepatan Pengajuan IMB Masjid dan Musholla pada Kamis (1/10/2020). Menurut Kepala KUA Kecamatan Gamping, Imam Safingi, kegiatan ini memiliki tiga tujuan. “Pertama, memberikan pemahaman akan pentingnya IMB bagi masjid dan mushalla kepada para takmir masjid mushalla di kecamatan Gamping, kedua, memberikan informasi yang benar kepada para takmir bahwa mengurus IMB masjid dan mushalla tidak sulit, dan ketiga, memotivasi serta membantu para takmir masjid dan mushalla di kecamatan gamping untuk merealisasikan IMB masjid dan mushalla,” jelasnya kepada Humas.

Sosialisasi Kemudahan Urus IMB, KUA Gamping Undang Takmir Masjid dan Musholla

Ia menambahkan, target pada 2020 ini, sebanyak 125 masjid di wilayah Gamping seluruhnya sudah memiliki IMB. “Untuk teknis pelaksanaan tindak lanjut karena peserta dibatasi 20 orang, maka kegiatan ini akan dilaksanakan beberapa kali dan dengan metode door to door kepada para takmir masjid, yang dilakukan oleh Forum Silaturahmi Takmir Masjid Tingkat Desa DMI desa  dan para penyuluh Agama Islam non PNS KUA Kecamatan Gamping,” urai Safingi.

IMB sendiri telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 28 tahun 2002, tentang Bangunan Gedung, dan khusus untuk bangunan rumah ibadah dan tempat ibadah diatur dalam Peraturan Bersama Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri nomor 9 tahun 2006 dan nomor 8 tahun 2006 tentang Pedoman Pelaksanaan Tugas Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah dalam Pemeliharaan Kerukunan Umat beragama, Pemberdayaan Forum Kerukunan Umat Beragama dan Pendirian Rumah Ibadah. Lebih khusus di Kabupaten Sleman diatur dalam Peraturan Bupati Nomor 12.2 tahun 2019 tentang Izin Mendirikan Bangunan Rumah Ibadah dan Tempat Ibadah. Serta Keputusan Bupati Sleman Nomor 77.27/Kep.KDH/A/2019 tahun 2019 tentang Daftar Rumah Ibadah dan Tempat Ibadah Hasil Validasi untuk diberikan Dispensasi Izin Mendirikan Bangunan. (bap)

 

 

Kontributor : Bramma Aji Putra
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 872

Bagikan