MAN 1 Yogyakarta Juara Umum KSM Kota Yogyakarta


MAN 1 Yogyakarta Juara Umum KSM Kota Yogyakarta
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2019-07-29 16:05:28

Yogyakarta (MAN 1 YK)—Dalam rangka meningkatkan mutu dan daya saing lulusan madrasah, terutama dalam bidang sains, maka Direktorat Jenderal Pendidikan Islam menyelenggarakan kegiatan Kompetisi Sains Madrasah (KSM). KSM telah diselenggarakan kedelapan kalinya, diawali tahun 2012 silam.

Secara umum KSM tahun 2019, bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan sains di madrasah secara komprehensif melalui penumbuhkembangan budaya belajar, kreativitas, dan motivasi meraih prestasi terbaik dengn kompetisi yang sehat dan menjujung tinggi sportivitas dan nilai-nilai Islam dalam mempelajari dan memahami sains.

Pelaksanaan tahapan KSM mulai dari tingkat satuan pendidikan, kabupaten/kota, tingkat propinsi dan nasional dengan waktu pelaksanaan terjadwal dan secara serentak. Pengumuman hasil dari KSM tingkat Kota Yogyakarta; pemenang dan penghargaan diberikan di Kantor Kemenag Kota Yogyakarta, Senin (29/7) pagi, oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta Drs.H.Nur Abadi, M.A.

Nur Abadi menyampaikan, prestasi yang diperoleh para pemenang jangan hanya berhenti di tingkat kota, tetapi dapat diteruskan dengan berprestasi di propinsi bahkan, lolos dan juara di tingkat nasional, pada September 2019 mendatang, di Manado Sulawesi Utara.

Juara umum tingkat kota untuk jenjang Madrasah Aliyah (MA) diraih MAN 1 Yogyakarta, dan tingkat Madrasah Tsanawiyah (MTs) diraih MTs Nurul Ummah. Keberhasilan kontingen MAN 1 Yogyakarta mendapat juara umum dengan merebut 10 medali dari 18 medali yang diperebutkan, dari seluruh bidang lomba KSM.

Juara yang diraih meliputi medali emas dan perunggu Bidang Biologi Terintegrasi atas nama Muhammad M.Mirza Bayuaji R dan Fatimah Khairiah. Medali emas dan perunggu Bidang Kimia Terintegrasi diraih oleh Gunawan Prakoso dan Muh.Irsyadul Ibad.

Selanjutnya, medali emas Bidang Matematika Terintegrasi  diraih Reza Haiz Fadly Rumdono, medali emas Bidang Ekonomi diraih Zahratun Nisa, Medali perunggu  Bidang Fisika diraih Muh.Tsaqih Haidar. Kemudian, Bidang Geografi terintegrasi  Siswa MAN 1 Yogyakarta memborong medali emas, perak dan perunggu, atas nama Hasna Putri Nurlaila, Ihqbar Alqhoza Fhatullah, dan Tasbita Nafi’ah.

Siswa MAN 1 Yogyakarta berhasil meraih juara umum dan memborong medali KSM tingkat kota.  Kepala MAN 1 Yogyakarta Drs.H.Wiranto Prasetyahadi, M.Pd menuturkan, hal ini merupakan hasil pembinaan yang terprogram dan motivasi berprestasi dalam diri siswanya.

Lanjutnya, pencapaian tahun ini melebihi dari tahun lalu, yang hanya meraih 8 medali. “Siswa MAN 1 Yogya masih berjuang di tingkat propinsi, pada 15 Agustus 2019 mendatang, di Bantul Yogyakarta,”ujarnya. “Maka diperlukan kerja keras dan keseriusan belajar agar dapat diperoleh hasil yang optimal,” imbuhnya. (prb/dzl)

 

Kontributor : MAN1YOGYA
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 713

Bagikan