Sejumlah Guru MTsN 9 Bantul Ikuti Webinar Revitalisasi KKG dan MGMP


Sejumlah Guru MTsN 9 Bantul Ikuti Webinar Revitalisasi KKG dan MGMP
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2020-09-24 06:55:55

Bantul (MTsN 9 Bantul) -- Rabu (23/09), sejumlah guru MTsN 9 Bantul mengikuti kegiatan Webinar Revitalisasi KKG dan MGMP yang berkaitan dengan GarDa KaGuM via Zoom Meeting pukul 09.00 sampai 12.30 siang. Kegitan ini diikuti oleh Dra. Rahmi Prabawaty (guru PPKn), Noor Shofiyati, S.Pd. (guru Matematika), Muh. Rosyid, S.T. (guru IPA), Amin Iskandar, S.Pd. (guru Bahasa Inggris), Drs. Wasidi (Guru BK), dan Yuni Iswari Dewi, S.Pd. (guru Bahasa Indonesia). 

Webinar ini diselenggarakan oleh Dikmad Kanwil Kemenag DIY untuk meningkatkan kegiatan KKG dan MGMP Madrasah sebagai wadah Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) bagi GarDa KaGuM.

GarDa KaGuM merupakan kepanjangan dari Garis Depan Komunitas Guru Madrasah. KKG digunakan sebagai wadah PKB bagi guru RA/MI pada tingkat satuan pendidikan Madrasah Kecamatan dan Kabupaten/Kota, sedangkan MGMP merupakan wadah bagi para guru mata pelajaran pada Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah/Aliyah Kejuruan tingkat satuan pendidikan madrasah kabupaten/kota dan provinsi.

Zoom Meeting dibuka pada pukul 09.00 pagi dengan host dari Kanwil Kemenag DIY. Acara dibuka dengan sambutan oleh H. Nurhuda, S.Ag., M.Si., selaku Kasi Kelembagaan dan SI Bidang Pendidikan Madrasah. Kemudian, dilanjutkan sambutan oleh Anita Isdarmini, M.Hum., selaku Kasi Kurikulum dan Kesiswaan Bidang Pendidikan Madrasah. Hadir sebagai narasumber utama H. Abd. Su’ud., M.Si., selaku Kasi Guru Bidang Pendidikan Madrasah.

Dalam kegiatan ini, Su’ud menjelaskan bahwa KKG dan MGMP merupakan wadah PKB untuk guru yang harus terus dikembangkan. Pengembangan dapat dilakukan dengan merevitalisasi KKG dan MGMP. Guru RA yang belum ada KKG segera dibentuk serta SK KKG dan MGMP yang belum diperbaharui segera diperbaharui karena akan dibawa dalam koordinasi rapat Kasi nasional. PKB diawali dengan PKG, PKK, dan PKP.

Setelah mengikuti kegiatan ini, guru-guru MTsN 9 Bantul akan terus berupaya untuk mengikuti kegiatan, khususnya MGMP guna meningkatkan PKB. Hal ini memberikan pengaruh pada peningkatan mutu guru dalam meningkatkan keprofesiannya dalam mendidik dan mengajar. Guru juga akan terdorong untuk terus meningkatkan prestasinya di segala bidang. Kepala MTsN 9 Bantul, Nur Hasanah Rahmawati, S.Ag., M.M. memberikan dorongan pada semua guru di madrasahnya untuk aktif berperan mengikuti kegiatan PKB guna memajukan madrasah menjadi Madrasah Unggulan.

"Semua guru MTsN 9 Bantul diharapkan dapat berperan aktif mengikuti kegiatan MGMP guna meningkatkan keprofesiannya sebagai guru yang akan menjadikan madrasah semakin unggul," tutur Atik, sapaan akrab Kepala MTsN 9 Bantul. (gas/and) 

Kontributor : MTSN9BANTUL
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 157

Bagikan