Siswa MTsN 8 Gunungkidul Ikuti PTS Daring


Siswa MTsN 8 Gunungkidul Ikuti PTS Daring Beberapa fitur yang digunakan selama daring
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2020-09-22 07:45:31

Gunungkidul (MTsN 8 Gunungkidul) - Di tengah kondisi pembelajaran yang masih kondisi social distancing, MTsN 8 Gunungkidul tetap melaksanakan Proses Penilaian Tengah Semester (PTS) untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa selama kegiatan pembelajaran pada awal semester 1. Seperti halnya kegiatan pembelajarannya, pelaksanaan PTS ini pun dilakukan secara daring.  Rencana pelaksanaan PTS selama tujuh hari sejak Senin (21/09/2020) hingga Senin (28/09/20) serentak kelas VII, VIII, dan IX yang berjumlah 432 siswa.

Pelaksanaan PTS ini sebelumnya diawali dengan pemberian kisi-kisi yang meliputi semua mata pelajaran. Melalui pemberian kisi-kisi ini diharapkan siswa mampu mempelajari materi secara terarah, sehingga dapat mengerjakan soal PTS dengan mudah. Selanjutnya untuk penyusunan soal bapak dan ibu guru juga harus melalui aplikasi agar dapat diterima oleh siswa secara efektif. Ketua Panitita PTS, Sri Handayani, mengatakan bahwa pelaksanaan PTS sudah dipersiapkan dengan matang dari beberapa hari sebelumnya. “Pelaksanaan penilaian semester secara daring ini untuk yang kedua kalinya setelah Penilaian Akhir Tahun (PAT) lalu. Semoga PTS kali ini bisa berjalan dengan lancar.” jawabnya ketika diwawancarai di ruang guru.

Siswa MTsN 8 Gunungkidul Ikuti PTS Daring

Demi kelancaran pelaksanaan PTS maka diseragamkan penggunaan aplikasi google form untuk mengirimkan berkas soal kepada siswa. Selain itu washapp grup sebagai saluran komunikasi menjadi sarana paling efektif dalam kegiatan ini. Beberapa informasi yang berkaitan dengan PTS seperti: Jadwal PTS, Tata tertib, dan lainnya disampaikan melalui saluran tersebut. Penggunaan aplikasi google form sangat praktis untuk kegiatan seperti ini. Bapak dan ibu guru dapat segera mengetahui hasil siswa melalui respons yang dapat dibuka setiap saat. “Kita dapat mengetahui keaktifan siswa secara langsung, sehingga dapat dengan mudah memberi tindak lanjut bila siswa ada kendala dalam mengerjakan soal,” kata Fajar Setiawan, operator Lab. Komputer. (mmn)

Kontributor : MTSN8GK
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 333

Bagikan