MIN 2 Kulon Progo Gelar KSM Tingkat Satuan Pendidikan


MIN 2 Kulon Progo Gelar KSM Tingkat Satuan Pendidikan Sebelum dimulai, ada penjelasan dari ketua tim KSM
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2020-09-20 09:40:48

Kulon Progo (MIN2KP) – Dalam rangka persiapan mengikuti Kompetisi Sains Madrasah Online (KSMO) yang akan dilaksanakan pada tanggal 9-10 November mendatang, MIN 2 Kulon Progo menggelar KSM tingkat satuan pendidikan. KSM tingkat satuan pendidikan ini dimaksudkan untuk menyeleksi dan memperoleh peserta terbaik yang akan mengikuti KSMO Nasional. Acara berlangsung Jumat (18/9/2020) di ruang kelas II madrasah setempat.

Peserta seleksi berjumlah 13 yang terdiri dari 3 siswa kelas 4, 4 siswa kelas 5, dan 6 siswa kelas 6. Siswa-siswa tersebut ditentukan bersamaan dengan pembentukan Komite KSM Satuan Pendidikan yang digelar dalam rapat sebelumnya Senin (14/9/2020) dengan unsur Kepala Madrasah sebagai penangggung jawab, Sudarman, S.Pd.I (ketua), Dwi Ratna Fajar Rahayu, S.Pd (koordinator mapel Matematika), Fitri Asmawati (koordinator mapel IPA), dan Aset Narotama (tim IT). Selanjutnya ketua beserta koordinator mempersiapkan soal untuk pelaksanaan seleksi yang terdiri dari mapel Matematika dan IPA.

MIN 2 Kulon Progo Gelar KSM Tingkat Satuan Pendidikan

MIN 2 Kulon Progo Gelar KSM Tingkat Satuan Pendidikan

MIN 2 Kulon Progo Gelar KSM Tingkat Satuan Pendidikan

Pada tahap pelaksanaan seleksi, masing-masing peserta wajib mengerjakan kedua jenis soal baik Matematika maupun IPA. Dari hasil seleksi diperoleh dua siswa dengan skor terbaik pada masing-masing mapel. Kedua siswa tersebut yaitu Ahmad Rizki Mu’arif (Matematika) dan Queensa Claudia Putri (IPA).

Menurut Sudarman, pelaksanaan seleksi yang dimajukan ini dimaksudkan agar tidak berbenturan dengan Penilaian Tengah Semester (PTS) yang terjadwal mulai Senin (21/9/2020) hingga Senin (28/9/2020). “Jika mengikuti juknis dari pusat, sebenarnya untuk KSM tingkat satuan pendidikan dilaksanakan 21-30 September 2020, namun dikarenakan bersamaan dengan kegiatan PTS maka waktu pelaksanaan dimajukan Jum’at (18/9/2020). Agar tidak terjadi benturan dengan PTS dan siswa-siswa terpilih tidak merasa terbebani dengan dua kegiatan sekaligus,” terang Darman.

Sudarman menambahkan bahwa dua siswa terpilih akan mulai pembimbingan setelah kegiatan PTS usai. “Semoga waktu yang ada dapat dimanfaatkan dengan maksimal untuk melaksanakan bimbingan,” imbuhnya.

Kepala Madrasah, Etik Fadhilah Ihsanti, S.Pd.I., M.Pd. menyampaikan ucapan terima kasih kepada tim yang telah melaksanakan dan menyelesaikan seleksi tingkat madrasah. “Terima kasih tim sukses KSM, selanjutnya saya percayakan sepenuhnya kepada tim untuk mempersiapkan dan membimbing siswa ke tahap berikutnya,“ ungkap Etik.

Etik juga berharap agar dalam pelaksannya nanti dapat berjalan dengan lancar dan sukses baik pada tahap uji coba maupun pada tahap KSMO Nasional. “Kami tentu berharap yang terbaik bagi siswa-siswi kami. Namun demikian yang terpenting adalah partisipasi dan memberikan pengalaman bagi mereka. Apapun hasilnya kelak, harus kita terima dan syukuri,“ pungkasnya. (fas/abi).

Kontributor : MIN2KP
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 377

Bagikan