MIN 2 Kulon Progo Adakan Lomba Literasi


MIN 2 Kulon Progo Adakan Lomba Literasi Wali kelas IV menyerahkan piagam dan hadiah
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2020-09-19 06:05:27

Kulon Progo (MIN2KP) – MIN 2 Kulon Progo adakah berbagai lomba. Perlombaan dalam memeriahkan Hari Aksara Internasional. Perlombaan untuk kelas III menggambar sedangkan cabang menciptakan sebuah puisi ditujukan untuk kelas IV. Pengumuman dan penyerahan hadiah cabang ini dilaksanakan dengan mengundang peserta lomba yang mendapatkan kejuaran 1 sampai 3, Kamis (17/9/2020) di Ruang Kelas II MIN 2 Kulon Progo.

Wali kelas III, Nur Hakim Rohmatulloh mengatakan bahwa lomba mengambar  ini diikuti oleh semua siswa siswi dengan jumlah 29. Yuri diambilkan dari perwakilan guru. “Anak kelas III sangat antusiasme dalam mengikuti kegiatan ini, terbukti dalam pengumpulaan karya tidak membutuhkan waktu terlalu lama. Saat ini anak perlu adanya pembelajaran yang bermakna dan bervariasi, sehingga lomba ini sangat menghibur anak yang selalu mengikuti pembelaaran di rumah” kata hakim.

MIN 2 Kulon Progo Adakan Lomba Literasi

MIN 2 Kulon Progo Adakan Lomba Literasi

Berbeda dengan kelas IV yang mengadakan cabang lomba membuat puisi. Dwi Ratna Rahayu mengatakan bahwa perlu jeli dan ketelitian dalam menilai. Karya anak-anak sangat bagus dan diluar dugaan. Untuk membuat karya puisi ini madrasah telah menyiapakan 10 hasil karya terbaik untuk menjadikan sebuah buku. Hal ini juga didukung oleh program inspirasi. Dimana 10 sekolah dan madrasah telah menyepakati untuk membuat buku bersama.

Etik Fadhilah Ihsanti, Kepala MIN 2 Kulon Progo mengatakan bahwa kegiatan ini untuk menanamkan dan mengajak anak untuk senang dalam semua aspek literasi. “Kegiatan mengambar dan membuat sebuah karya sebagai salah satu cara untuk menanamkan budaya literasi meskipun dengan kondisi seperti ini tidak menyurutkan semangat guru untuk memberikan inovasi di tengah pandemi. Dengan cara memberikan bahan yang dikerjakan di rumah, karena memang madrasah tidak boleh ada pertemuan tatap muka dan mengumpulkan banyak siswa, sehingga peran orangtua sangat penting,” ujarnya.
 Untuk kategori lomba menggambar  Juara 1 Dinara Ranum Cahaya, Juara 2 Zahra Fatimatuss’adah dan Juara 3 Eka Rahmawati. Sedangkan kelas empat  Juara 1 Hasna Qurrota ‘Ainun Afirrosa Tanjung, Juara 2 Muhammad Ilham Al Mudhafar  dan Juara 3 Muhammad RAva Afrizal,” imbuhnya.

Kegiatan ini diharapkan bisa memotivasi siswa untuk tetap semangat belajar di sela Pembelajaran Jarak Jauh. Meskipun pendampingan guru yang merupakan figur bagi siswa sangat kurang karena keterbatasan di masa pandemi ini, tetapi kami berharap siswa-siswi menjadi anak yang berkarakter, berbudi luhur, berakhlakul karimah, serta menjadikan Madrasah sebagai tempat untuk berjuang menuntut ilmu pengetahuan demi kemajuan bangsa dan agama. (efi)

Kontributor : MIN2KP
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 189

Bagikan