MTsN 8 Sleman Gelar Rapat Persiapan UPTS Semester I TP 2020/2021


MTsN 8 Sleman Gelar Rapat Persiapan UPTS Semester I TP 2020/2021
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2020-09-18 21:51:23

Sleman (MTsN 8 Sleman) –  Dalam rangka mematangkan pelaksanaan Ujian Penilaian Tengah Semester (UPTS) Semester I Tahun Pelajaran 2020/2021 yang rencananya akan digelar pada 21-30 September 2020, MTsN 8 Sleman menggelar rapat koordinasi yang bertempat di Ruang Aula, Jumat (18/09/2020) yang diikuti oleh seluruh dewan guru, wakil kepala madrasah beserta Kepala Tata Usaha.

Dalam UPTS kali ini, MTsN 8 Sleman menggunakan sistem online melalui aplikasi E-Learning Madrasah. Dimana setiap siswa dapat mengerjakan dimanapun berada melalui perangkat handphone atau laptop masing - masing.

MTsN 8 Sleman Gelar Rapat Persiapan UPTS Semester I TP 2020/2021

MTsN 8 Sleman Gelar Rapat Persiapan UPTS Semester I TP 2020/2021

Mewakili Kepala Madarasah yang sedang menjalani pelatihan kompetensi, rapat koordinasi langsung dibuka oleh Waka Kurikulum, Drs. Muhammad Jafron. Dalam arahannya, Muhammad Jafron mengingatkan kepada seluruh dewan guru untuk menyiapkan pembuatan soal online secara maksimal.

“Mempertimbangkan kondisi sekarang ini, pihak madrasah telah menyiapkan UPTS melalui E-Learning, dimana aplikasi tersebut juga telah digunakan oleh MTsN 8 Sleman melaksanakan pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang sudah terlaksana kurang lebih selama 2 bulan ini, dan kemahiran Bapak Ibu Guru dalam mengoperasikan aplikasi E-Learning patut kita apresiasi,” ujar Jafron.

“Semua kebutuhan pembelajaran daring madrasah sudah ada di sistem E-Learning, semua guru dapat membagikan materi ajar, menggelar vicon dengan siswa, membuat soal ujian, memantau keaktifan siswa, beserta pengolahan nilai ujian, dan untuk Kepala Madrasah juga bisa memantau seluruh aktivitas PJJ di sistem tersebut,” tambahnya.

Selain itu, dalam pengarahannya, Muhammad Jafron juga menyampaikan beberapa informasi antara lain tentang pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang sudah terlaksana selama 2 bulan ini. Selama PJJ harus tetap di pantau pelaksanaannya supaya guru dapat menilai keaktifan siswa masing-masing kelas. Wali kelas dalam PJJ diharapkan dapat berperan memantau peserta didik perwaliaannya. Selama masa pandemi Covid-19 belum berakhir wajib mentaati protokol kesehatan dimanapun berada.

Dalam rapat koordinasi tersebut, para wali kelas menyampaikan aspirasi dan kendala – kendala yang dihadapi siswa – siswinya. Diantara nya keterbatasan perangkat handphone yang harus bergantian maupun keterbatasan sinyal internet karena kondisi geografis rumah yang ditempati.

Sementara itu, Team IT madrasah, Imam Taufiq, S.Kom menandaskan untuk mengantisipasi beberapa kendala yang dihadapi siswa, pihak madrasah juga telah mempersiapkan antisipasinya, terutama masalah siswa yang tidak memilki perangkat handphone.

“Terdapat beberapa anak yang tidak memiliki perangkat handphone seerta kondisi geografis rumah beberapa siswa di sekitar Prambanan yang sangat susah sinyalnya, untuk itu dari pihak madrasah telah mempersiapkan ruang laboratorium komputer yang dapat digunakan untuk siswa mengerjakan ujian,” ujar guru TIK tersebut.

Diharapkan dengan semangat kebersamaan dari seluruh stakeholder madrasah, pelaksanaan UPTS Online ini dapat berjalan dengan maksimal sesuai dengan target yang diharapkan.(imm)

*Tetap Sehat dan Semangat*

*#LawanCovid-19*

Kontributor : MTSN8SLEMAN
Editor : Titik Nur Farikhah
Dibaca : 219

Bagikan