Menambah Semangat Berinfak, MTsN 9 Bantul Bagikan Ratusan Celengan Gratis untuk Siswa


Menambah Semangat Berinfak, MTsN 9 Bantul Bagikan Ratusan Celengan Gratis untuk Siswa
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2020-09-18 19:23:41

Bantul (MTsN 9 Bantul) -- Kamis (17/09), MTsN 9 Bantul membagikan ratusan celengan gratis untuk seluruh siswa. Kegiatan ini merupakan bentuk dukungan madrasah untuk terus meningkatkan semangat siswa dalam berinfaq. Pembagian celengan gratis ini juga merupakan upaya untuk mendukung program ODOT (One Day One Thousand) sebagai salah satu program unggulan MTsN 9 Bantul. Dana pembelian celengan pun diambil dari sebagian infaq siswa yang telah dikumpulkan sebelumnya.

Pembagian 409 celengan ini dilakukan dalam dua tahap untuk menghindari kerumunan massa. Pada tahap pertama ini, celengan telah dibagi untuk 6 kelas terlebih dahulu. Selanjutnya, madrasah akan menjadwalkan untuk kelas lain di hari Sabtu. Celengan diambil oleh orang tua/wali siswa ke madrasah secara terjadwal dan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan selama pandemi Covid -19.

Celengan gratis ini terbuat dari kaleng yang dilapisi kertas karton. Seluruh siswa diminta untuk menghias kertas karton polos pada celengan dengan gambar dan tulisan yang bisa membangkitkan semangat untuk berinfaq. Siswa bisa mewarnai celengan sebagus mungkin menggunakan krayon, spidol, dan cat air.

Di bagian bawah celengan terdapat lubang yang bisa dibuka. Pada jangka waktu tertentu, siswa akan diminta untuk membuka celengan dan membawa hasilnya ke madrasah untuk dikumpulkan. Hasil dari infaq siswa ini dipergunakan untuk kebutuhan siswa. Salah satunya adalah untuk memberi kuota gratis kepada seluruh siswa.

"Pada intinya kegiatan ini bertujuan untuk membiasakan siswa menyisihkan uang jajan mereka. Berinfak setiap hari juga mampu meningkatkan kepedulian siswa terhadap sesama," jelas Siti Retno Machromah, S.H., selaku koordinator kegiatan ODOT MTsN 9 Bantul.

Pada saat mengambil celengan, orang tua juga membawa hasil infak siswa yang sudah didapat selama 1 bulan terakhir. Selanjutnya, kegiatan pengumpulan infaq akan diadakan secara berkala dengan mengundang orang tua siswa. (as) 

Kontributor : MTSN9BANTUL
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 229

Bagikan