Kemenag DIY Serahkan Sertifikat Halal kepada Pelaku Usaha


Kemenag DIY Serahkan Sertifikat Halal kepada Pelaku Usaha
Kategori : KANWIL
Tanggal : 2020-09-18 17:11:53

Yogyakarta (Humas Kemenag DIY)—Sebanyak 50 pelaku usaha telah resmi mendapatkan sertifikat halal dari Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama RI. Penyerahan diberikan Kakanwil Kemenag DIY Edhi Gunawan di Yogyakarta, Jumat (18/09/2020), didampingi Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM), Dinas Perindustrian dan Perdagangan DIY, Dinas Pertanian DIY, dan Perwakilan Bank Indonesia Yogyakarta.

Turut hadir dalam kesempatan ini Kepala Bagian Tata Usaha Kemenag DIY Wahib Jamil, Kepala Bidang Urusan Agama Islam (Urais) Nadhif, Kasubbag Umum dan Humas Ahmad Fauzi, jajaran Kasi pada Bidang Urais dan Kasi Bimas Islam Kankemenag Kabupaten/Kota. Selain para pelaku usaha, kegiatan juga diikuti takmir masjid dan Kepala KUA Kapanewon Patuk, Gunungkidul yang menerima sertfikat pengukuran arah kiblat.

Kemenag DIY Serahkan Sertifikat Halal kepada Pelaku Usaha

Kemenag DIY Serahkan Sertifikat Halal kepada Pelaku Usaha

Kemenag DIY Serahkan Sertifikat Halal kepada Pelaku Usaha

Menurut Kakanwil, penyerahan sertifikat halal dipandang penting karena masyarakat membutuhkan kepastian dari apa yang dikonsumsi atau digunakan. “Bahkan tidak hanya terbatas dari produknya saja, namun sejak awal produksi hingga proses di hilir,” tandasnya. Kakanwil juga menyebut bahwa lahirnya sertifikat halal ini tentu tak terlepas dari kerjasama baik dari Satgas BPJPH, Komisi Fatwa MUI DIY dan LPPOM MUI DIY serta stakeholder terkait.

Di sisi lain, Kakanwil juga mengapresiasi kinerja Tim Kalibrasi Pengukuran Arah Kiblat. “Ini sebagai bukti bahwa pemerintah benar-benar hadir melayani masyarakat,” sambungnya. “Saya harap kepada tim untuk memprioritaskan masjid/musholla yang baru dibangun, bahkan permohonan ukur arah kiblat untuk makam juga kami layani, tentu dengan melayangkan surat permohonan terlebih dahulu,” tegas Kakanwil.

Sebelumnya, Kabid Urais Nadhif menjelaskan, sejak 17 Oktober 2019 sampai saat ini tercatat 365 pelaku usaha yang telah mengajukan pendaftaran sertifikat halal. “Kami telah meneruskan 308 permohonan dari pelaku usaha, yang lain masih proses untuk kelengkapan dokumen,” jelasnya. Nadhif merinci, dari jumlah itu, 137 di antaranya telah mendapatkan ketetapan halal dari MUI DIY. “Kemudian sampai saat ini, 50 pelaku usaha telah mendapatkan sertifikat halal dari BPJPH,” terang Nadhif seraya berharap jumlah pelaku usaha yang mendapat sertifikat semoga terus meningkat. Ia juga menjelaskan, dari 50 pelaku usaha tersebut, 47 di antaranya difasilitasi oleh Dinas Koperasi dan UKM DIY sedang sisanya mengajukan mandiri.

Terkait pengukuran arah kiblat, Nadhif menyebut hingga saat ini Tim Kalibrasi Kemenag DIY telah melakukan di 185 masjid. “Rinciannya Tim Kanwil 35 lokasi, Kemenag Kota Yogyakarta 18 lokasi, Kemenag Sleman 40 lokasi, Kemenag Kulon Progo 44 lokasi, Kemenag Gunungkidul 7 lokasi dan Kemenag Bantul 41 lokasi,” jelasnya.

Ditambahkan hingga saat ini pengukuran masih terus berlangsung, silakan bagi takmir dan masyarakat yang ingin mendapatkan layanan dapat mengirim surat permohonan melalui Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kanwil atau Kankemenag Kabupaten/Kota terdekat. (bap)

Kontributor : Bramma Aji Putra
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 209

Bagikan