Kasubdit KSKK Kemenag RI Visitasi Kesiapan Layanan SKS MAN 1 Yogyakarta


Kasubdit KSKK Kemenag RI Visitasi Kesiapan Layanan SKS MAN 1 Yogyakarta
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2020-09-18 08:02:18

Yogyakarta (MAN 1 YK)—Dalam rangka memberi pelayanan terbaik untuk masyarakat, MAN 1 Yogyakarta selalu melalu melakukan inovasi. Salah satunya, madrasah ini akan menerapan layanan Sistem Kredit Semester (SKS) pada kelas X tahun pelajaran 2020/2021. Selain persiapan guru, siswa, sarana dan prasarana, juga berkoordinasi dengan kementerian agama pusat.

Seperti visitasi kesiapan layanan SKS di MAN 1 Yogyakara, yang dilakukan Kasubdit KSKK Kemenag Pusat Dr.H. Ahmad Hidayatullah, M.Pd yang didampingi Kasi Kurikulum dan Kesiswaan Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta  Hj. Anita Isdarmini, S.Pd, M.Hum dan sejumlah pelaksana, Kamis (17/9/2020) sore.

Kasubdit KSKK Kemenag RI Visitasi Kesiapan Layanan SKS MAN 1 Yogyakarta

Sebelum visitasi secara langsung di madrasah, visitasi juga dilakukan secara online dengan zoom meetings, Rabu (16/09/2020) kemarin. Kehadiran Tim Visitasi kesiapan SKS disambut langsung Kepala MAN 1 Yogyakarta Drs.H.Wiranto Prasetyahadi, M.Pd. dan segenap guru.

Ahmad Hidayatullah mengungkapkan,  ada dua sistem belajar, yaitu sistem belajar paket dan Sistem Kredit Semester(SKS). “Keduanya sama-sama mempunyai kelebihan dan kekurangan, serta mempunyai konsekuensi masing-masing,”ujarnya.

Lanjutnya, kunci penerapan SKS, terletak pada dua hal yaitu mastery learning (belajar tuntas) dan  maju berkelanjutan. Maka untuk mengawal mutu pendidikan dalam penerapan SKS ini, maka ada beberapa langkah yang harus dilakukan oleh madrasah (baca:quality management), yaitu quality assurance, quality control, dan quality improvement. (dzl)

 

Kontributor : MAN1YOGYA
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 451

Bagikan