Perpustakaan Mayoga Gelar Lomba Peringati Hari Kunjung Perpustakaan dan Bulan Gemar Membaca


Perpustakaan Mayoga  Gelar Lomba Peringati Hari Kunjung Perpustakaan dan Bulan Gemar Membaca
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2020-09-16 18:50:59

Sleman (MAN 3 Sleman) - Bagi dunia kepustakawanan, Bulan September merupakan bulan yang istimewa. Ada tiga peristiwa penting yang terjadi di bulan ini, yakni Hari Literasi Internasional (8 September), Bulan Gemar Membaca (selama Bulan September), dan Hari Kunjung Perpustakaan (14 September).

Dan bagi Perpustakaan MAN 3 Sleman yang bernama Perpustakaan Mayoga tak pernah absen untuk memperingati momen ketiganya di setiap tahunnya. Di tahun ini, dengan mengangkat tema “Generasi Literasi, Generasi yang Berkarya”. Perpustakaan Mayoga menyelenggarakan serangkaian kegiatan lomba dalam rangka memperingati Bulan Gemar Membaca dan Hari kunjung Perpustakaan. Dimana rangkaian lomba tersebut telah dimulai dari Senin, (14/9/2020) dan akan berakhir hingga Kamis, (10/12/2020).

Perpustakaan Mayoga  Gelar Lomba Peringati Hari Kunjung Perpustakaan dan Bulan Gemar Membaca

Perpustakaan Mayoga  Gelar Lomba Peringati Hari Kunjung Perpustakaan dan Bulan Gemar Membaca

Perpustakaan Mayoga  Gelar Lomba Peringati Hari Kunjung Perpustakaan dan Bulan Gemar Membaca

Kegiatan ini merupakan salah satu upaya nyata untuk terus menggalakkan gerakan literasi meski berada dalam kondisi pandemi. Hal ini seperti yang disampaikan oleh Dra. Khusnul Daroyah, Kepala Perpustakaan Mayoga yang kemudian tertuang dalam Proposal Kegiatan Literasi Mayoga 2020.

“Kegiatan literasi Mayoga merupakan  rangkaian upaya nyata  dalam membentuk siswa yang berkarakter, dan cerdas. Dimulai dari membaca, menulis , menganalisa, menampilkan hasil dan mengaktualisasikan ilmu yang telah dipelajari, maka meski pandemi Perpustakaan Mayoga akan terus berupaya menggiatkan kegiatan ini melalui program-program nyata yang lebih menarik dan dapat dilakukan secara daring dari rumah masing-masing” tulis Khusnul.

“Tahun 2020 ini, Perpustakaan Mayoga telah menyiapkan serangkaian kegiatan bagi para pemustakanya. Program kegiatan tersebut adalah: 1) Lomba Story Telling; 2) Lomba Pembuatan Orasi/Promosi Perpustakaan Mayoga dan Gerakan Cinta Baca; 3) Lomba Pembuatan Video Profil Singkat Perpustakaan Mayoga; dan 4) Pemilihan “Best Reader” (Duta Baca Mayoga)” lanjut Khusnul dalam tulisannya.

Dalam proposal tersebut tertuang juga bahwa kegiatan ini selain bertujuan untuk meningkatkan kegemaran terhadap membaca dan kecintaan terhadap perpustakaan, juga sebagai wadah bagi siswa untuk  mengusir kepenatan dan kejenuhan selama menjalani rutinitas kegiatan di masa pandemi Covid-19, melalui kegiatan yang menyenangkan, bermanfaat dan kekinian. (rta)

Kontributor : MAN3SLEMAN
Editor : Titik Nur Farikhah
Dibaca : 566

Bagikan