OSIM MTsN 3 Sleman Ikuti Penyuluhan Kesehatan


OSIM MTsN 3 Sleman Ikuti Penyuluhan Kesehatan Kepala MTsN 3 Sleman Paijo, S.Ag saat membuka penyuluhan
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2020-09-16 11:23:39

Sleman (MTsN 3 Sleman)—Perilaku merokok di kalangan pelajar khususnya di Kabupaten Sleman menjadi perhatian khusus oleh beberapa Lembaga Pendidikan. MTsN 3 Sleman bekerjasama dengan PPM Reguler Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan mengadakan Penyuluhan Kesehatan untuk OSIM (Organisasi Siswa Intra Madrasah) pada Rabu (16-9-2020) pagi. Tema Penyuluhan Kesehatan pagi itu adalah “Generasi Muda Keren Tanpa Rokok”. Penyuluhan ini dilaksanakan di aula MTsN 3 Sleman.

“Sudah jelas, diterangkan oleh berbagai ahli bahwa rokok dalam bentuk apapun, tidak sehat karena banyak mengandung bahan kimia yang membahayakan kesehatan. Tidak hanya membahayakan kesehatan sang perokok tetapi juga membahayakan orang lain yang menjadi perokok pasif,” tandas Kepala Madrasah MTsN 3 Sleman Paijo, S.Ag saat membuka acara. Lebih lanjut, Kamad menyatakan bahwa Pengurus OSIM MTsN 3 Sleman yang hadir mengikuti penyuluhan untuk bisa memberi contoh hidup sehat dan menjadi agent of change atau agen perubahan bagi teman-teman yang lain.

OSIM MTsN 3 Sleman Ikuti Penyuluhan Kesehatan

Hadir sebagai pemateri dalam Penyuluhan Kesehatan Heni Trisnowati, SKM, MPH dan  Septian Emma Dwi Jatmika, M.Kes. Heni Trisnowati, SKM, MPH menyampaikan materi berjudul Rokok Elektronik: Makin Kenal Makin Enggan sedangkan Septian Emma Dwi Jatmika, M.Kes menyampaikan materi berjudul Kelompok Sebaya: Membantu Teman Melawan Rokok.

Heni Trisnowati sebagai pemateri pertama menyampaikan sejarah rokok elektrik jenis-jenis rokok elektrik, komponen vape, dan risiko penyakit akibat vape. “Berdasarkan studi, bahwa pasien covid-19 dengan status riwayat merokok maka pasien akan mengalami kekebalan tubuh yang lebih rendah. Rokok elektrik meningkatkan penularan covid-19,” papar Heni saat menyampaikan materi.

“Kalian harus punya keberanian untuk menolak ajakan teman untuk merokok. Karena dari mencoba lama-lama akan menjadi ketagihan,” pesan pemateri kedua Septian Emma Dwi Jatmika. Emma menyebutkan sebagai seorang teman kalian bisa membantu teman yang lain dengan: memahami, menerima, mengarahkan, mengaktualisasikan diri dan menjadi jembatan dan pendengar yang baik. Emma memaparkan kepada peserta, sikap yang harus dilakukan para peserta sebagai konselor sebaya dalam pola hubungan konselor-klien.

Sebelum pemateri menyampaikan materi, peserta diminta mengisi kuisioner mengenai pengetahuan mereka tentang rokok elektrik. Di sela-sela kegiatan pemateri memberikan icebreaking dengan peregangan saat di kelas/tempat kerja. (dee)

Kontributor : MTSN3SLEMAN
Editor : Titik Nur Farikhah
Dibaca : 280

Bagikan