Lagi, Prestasi Literasi MAN 3 Bantul di Masa Pandemi


Lagi, Prestasi Literasi MAN 3 Bantul di Masa Pandemi Nasrul Mishul Kohar
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2020-09-16 05:57:39

Bantul (MAN 3 Bantul)- Siswa MAN 3 Bantul, Nasrul Mishul Kohar menorehkan prestasi dalam perlombaan yang diselenggarakan oleh Dema (Dewan Mahasiswa) Institut Ilmu Al Qur'an  An-Nur Yogyakarta.  Perlombaan tersebut diselenggarakan dalam rangka peringatan  hari Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-75 dan diikuti oleh siswa MA/SMA/SMK se yang mengangkat tema besar “Menumbuhkan Semangat Kemerdekaan di Era Pandemi”. Beberapa bidang dalam lomba tersebut di antaranya lomba esai, lomba video creative, dan lomba menulis puisi. Lomba ini diadakan secara daring untuk memberikan ruang berkarya bagi generasi muda pada masa pandemi.  Generasi milenial dapat mengisi Kemerdekaan Republik Indonesia dengan membuat karya.

Lomba diselenggarakan pada 18 Agustus sampai dengan 5 September 2020 dan diumumkan pada 10 September 2020. Dalam lomba tersebut, Nasrul meraih juara 1 bidang esai subtema “Pendidikan Indonesia di Era New Normal” dengan judul esai “Problematika dan Tantangan Pembelajaran Melalui Sistem Daring di Era New Normal”. Siswa kelas XII ini mengungkapkan pandangan dan argumen tentang problematika pembelajaran sistem daring pada masa kenormalan baru. Nasrul mengungkapkan keberhasilan pembelajaran daring tidak terlepas dari keterampilan penggunaan TIK guru dan siswa, ketersediaan teknologi dan infrastruktur digital, sinergi bimbingan orang tua dan guru, serta kedisiplinan dan tanggung jawab siswa.“Pandemi Covid-19 membawa wahyu perubahan yang menuntut revolusi mental semua manusia di muka bumi khususnya bangsa Indonesia,” ungkap Nasrul dalam esainya.

Lagi, Prestasi Literasi MAN 3 Bantul di Masa Pandemi

Lagi, Prestasi Literasi MAN 3 Bantul di Masa Pandemi

Melalui karya esai tersebut Nasrul menunjukkan bahwa proses belajar dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja, sebagaimana keikutsertaannya dalam lomba daring merupakan proses belajar. Pandemi tidak menjadi penghalang untuk belajar dan berkarya. Siswa pemilik akun IG @nasrulmk_ini ini menyusun karya esai selama empat hari hingga menjadi esai yang utuh. Menurutnya kegiatan lomba daring seperti ini sangat bermanfaat untuk mengisi waktu siswa. Waktu yang biasanya terisi dengan aktivitas kegiatan lapangan dan madrasah, pada saat kenormalan baru ini dapat diisi dengan mengikuti  lomba yang banyak tergelar. Nasrul mendapatkan dukungan penuh dari Bapak dan Ibu Guru MAN 3 Bantul. Siswa Kelas  XII MIPA 2  ini memiliki bakat menulis yang luar biasa. Sebelumnya, ia juga memenangkan lomba esai tingkat provinsi. Dalam mengikuti lomba esai Dema IIQ An-Nur ini Nasrul didampingi oleh Abban Said, S.Pd. dan Nur Salamah, S.S. Abban menyampaikan bahwa Nasrul merupakan siswa multitalenta yang pada masa serba sulit mendatang akan menjadi penyintas dan inspirator generasi milenial.

Wakil Kepala Bidang Kesiswaan, Drs. M. Munawar Yasin, S.Pd., M.Si. sangat mengapresiasi prestasi ini. Madrasah memberikan dukungan penuh kepada anak-anak untuk berkarya dan berkreasi. Sedangkan Kepala MANTABA (MAN 3 Bantul), Nur Wahyudin Al-Aziz, S.Pd. menyampaikan rasa bangganya, "Selamat buat Nasrul. Madrasah mempersiapkan program-program pengembangan diri untuk meningkatkan prestasi anak-anak dalam berbagai bidang, salah satunya mendorong anak-anak untuk semangat dalam menulis. Semoga prestasi Nasrul makin meningkat kedepannya". (sab)

Kontributor : MAN3BANTUL
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 1821

Bagikan