PIGP: Ikhtiar Kemenag DIY Jaga Kualitas Madrasah


PIGP: Ikhtiar Kemenag DIY Jaga Kualitas Madrasah
Kategori : KANWIL
Tanggal : 2019-07-25 13:08:27

Yogyakarta (Inmas DIY)— Saat penerimaan CPNS beberapa waktu lalu, Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY mendapatkan 292 guru. Dari jumlah itu ternyata sebagian besar tidak memiliki sertifikat pendidik atau murni sarjana ilmu pengetahuan. Sehingga diperlukan pendampingan kepada mereka agar perbedaan mutu dan kualitas antar madrasah tidak berbeda jauh.

“Kemenag DIY menilai Program Induksi Guru Pemula (PIGP) menjadi sesuatu yang tidak bisa ditawar, apalagi dalam raker Kanwil Kemenag DIY yang dikuatkan dalam Raker Khusus Bidang  Pendidikan Madrasah, semua berkomitmen untuk merelisasikan tagline Madrasah Hebat Bermartabat Untuk Semua,” tandas Kasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) Bidang Dikmad, Abd. Su’ud, saat membuka Pembekalan Guru Pendamping PIGP di aula Kemenag DIY, Kamis (25/7).

PIGP: Ikhtiar Kemenag DIY Jaga Kualitas Madrasah

Acara diikuti 175 guru pendamping dari seluruh madrasah se-DIY, yang diambil dari guru senior dan ditunjuk oleh kepala madrasah semua jenjang yang memiliki formasi CPNS. 

Su’ud juga menjelaskan bahwa ada 3 (tiga) komponen madrasah yang penting untuk dididik mendapat pelatihan. "Tiga komponen tersebut yaitu guru dan tenaga kependidikan, kepala madrasah selaku manager, dan para pengawas madrasah," tuturnya. Disamping itu, ia juga mengingatkan awal Agustus2019 semua guru harus memperbarui data Sistem Informasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan (Simpatika).

Sementara Faizuz Sabani yang menjadi narasumber kegiatan ini menilai tepat dua kegiatan yang telah dilakukan oleh Kemenag. Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) dan PIGP menurutnya memang diperlukan.

“Sesuai asumsi awal bahwa guru adalah seseorang yang menerima tunjangan profesi, maka diperlukan pelatihan agar menjadi profesional. Dibutuhkan pula guru senior untuk membimbing guru junior, serta perlu disikapi dan dilanjutkan agar menjadi guru yang hebat,” tandasnya. (mgg/bap)

Kontributor : Bramma Aji Putra
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 869

Bagikan