Kemenag Bekali Mahasantri PBSB Moderasi Beragama


Kemenag Bekali Mahasantri PBSB Moderasi Beragama Kemenag Bekali Mahasantri PBSB Moderasi Beragama
Kategori : INFORMASI
Tanggal : 2020-09-03 11:41:22

Kamis, 27 Agustus 2020

Jakarta (Humas Kemenag DIY)--Sebanyak 15 mahasantri Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) perwakilan dari 10 perguruan tinggi mitra Kementerian Agama diberikan pembekalan perihal moderasi beragama. 

Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Waryono mengajak peserta PBSB menjadi penggerak dalam mempromosikan praktik keberagamaan yang moderat. Menurutnya, para mahasantri PBSB memiliki modal untuk menjadi penggerak, karena memiliki tradisi keilmuan yang kuat semasa belajar di pesantren. 

"Sebagai orang yang pernah belajar keilmuan agama di pesantren, anda harus menjadi penggerak moderasi beragama yang kontekstual. Yaitu menyuarakan kehidupan yang moderat, yang bisa beradaptasi dengan perubahan zaman," pintanya di Jakarta, Rabu (26/08).Demikian dilansir dari Kemenag.go.id.

Waryono meminta kepada para mahasantri PBSB ini untuk tidak mudah terkejut dengan hal-hal yang belum pernah diketahuinya di pesantren. "Sebagai mahasiswa yang juga alumni pesantren, jika ada masalah, carilah referensinya. Jangan mudah tergoda. Cepat membenarkan atau menyalahkan. Dalami dulu masalahnya, lalu carilah sumber keilmuannya," terangnya.

Pria kepahiran Cirebon ini juga mengingatkan, bahwa untuk menjadi pelopor dan penggerak tidak mudah, karena memerlukan pengetahuan yang luas. "Wajib bagi mahasantri PBSB untuk memperkaya wawasan," pintanya.

"Indonesia ini plural, masyarakatnya majemuk.  Jadi sebagai calon pemimpin, anda harus berwawasan luas dan memiliki referensi keilmuan yang mendalam," tambahnya.

Acara pembekalan berlangsung tiga hari, 25-28 Agustus. Hadir sebagai narasumber, sejumlah tokoh agama dan aktivis, antara lain Kiai Masyhuri Malik dan Abdul Kholik Ahmad.

Kontributor : MAGANG
Editor : Titik Nur Farikhah
Dibaca : 167

Bagikan