MTs Negeri 1 Yogyakarta Peringati Tahun Baru Islam 1442 H


MTs Negeri 1 Yogyakarta Peringati Tahun Baru Islam 1442 H Ustadz Henry Sutopo ketika menyampaikan tausiyahnya
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2020-08-29 10:11:09

Yogyakarta (MTsN 1 Yk) – Tahun Baru Hijriah adalah salah satu hari besar umat Islam yang jatuh pada setiap tanggal 1 Muharram. Untuk itu MTs Negeri 1 Yogyakarta pada Sabtu, 22 Agustus 2020 mengadakan pengajian dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1442 Hijriah dengan tema “Membangun Semangat Hijrah Menjadi Pribadi yang Lebih Baik”.

Pengajian dimulai tepat pukul 08.00 ini diadakan secara terbatas dan tetap mematuhi protokol pencegahan penularan Covid-19. Guru dan pegawai MTsN 1 Yogyakarta hadir langsung dalam pengajian yang diisi oleh K.H. Henry Sutopo dan Ustadz Sofatur Rohman, sedangkan siswa dan orang tua mengikuti pengajian secara live streaming melalui You Tube atau Zoom Meeting.

Acara dimulai dengan sambutan dari Kepala Madrasah. Dalam sambutannya Drs. Muhammad Iriyadi mengatakan meskipun dalam masa darurat Covid-19, MTsN 1 Yogyakarta terus berusaha memperbaiki diri dengan berbagai program dan usaha. Salah satu usaha yang dilakukan mulai membuahkan hasil dengan ditunjuknya MTsN 1 Yogyakarta sebagai salah satu madrasah riset yang diberikan melalui SK Dirjen Kementerian Agama RI dan madrasah akademik melalui SK Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY. “Kami mohon kepada Bapak Ibu Guru Pegawai, Komite, Orang Tua siswa, dan Masyarakat untuk tetap mendukung program-program yang dilakukan oleh pihak madrasah dalam upaya memperbaiki diri. Dengan dukungan dari semua pihak, saya yakin MTsN 1 Yogyakarta bisa,” tegas Iriyadi bersemangat.

Acara inti dari peringatan Tahun Baru ini dimulai dengan qiroatil Quran yang dibawakan olah Ustadz Sofatur Rohman dan dilanjutkan dengan mauidhah hasanah yang disampaikan oleh KH. Henry Sutopo. “Hijrah adalah salah satu momentum yang semestinya digunakan oleh umat Islam untuk meninggalkan segala sesuatu yang dilarang Allah SWT dan menjalankan semua perintahNya,” KH Henry memulai ceramahnya. Lebih lanjut K.H. Henry mengaitkan semangat memperbaiki diri dengan situasi pandemi yang terjadi.

Intinya semua usaha yang kita lakukan dalam memperbaiki diri semestinya selalu berdasar pada Alquran agar Allah meridhoinya dan jangan lupa saling tolong menolong. Hijrah menjadi pribadi yang lebih baik tidak boleh hanya dilakukan pada saat tahun baru saja, namun setiap saat dan pada setiap kesempatan agar kita tidak menjadi orang yang merugi saat kita kembali kepada Allah. “Marilah kita mulai berhijrah dengan terlebih dahulu memohon ampun kepada Allah dan menaati semua ajaran Rasulullah agar langkah kita selalu dimudahkan Allah SWT dan pandemi Covid-19 segera berakhir,” tutup K.H. Henry Sutopo. (Tim Publikasi Matsayo)

 

Kontributor : MTSN1YOGYA
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 215

Bagikan