Guru MAN 5 Sleman Hibahkan Buku Karyanya ke Perpustakaan Amarta MAN 5 Seman


Guru MAN 5 Sleman Hibahkan Buku Karyanya ke Perpustakaan Amarta MAN 5 Seman Dua Guru MAN 5 Sleman Hibahkan Buku Karyanya ke Perpustakaan Amarta MAN 5 Seman
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2020-08-27 14:18:10

Sleman (MAN 5 Sleman) - Di tengah-tengah Pandemi Covid-19, dua orang guru Madrasah Aliyah Negeri 5 Sleman tetap bertekad untuk berkreasi dan berinovasi untuk melakukan hal yang bermanfaat. Salah satunya adalah menjadi kontributor buku antologi kisah inspiratif.

Dua guru itu adalah Noor Hayanti,M.Pd.B.I, guru Bahasa Inggris dan Istiqomah,S.Pd., guru Fisika. Bersama dengan  30 guru se-Indonesia Noor Hayanti menulis kisah yang berjudul “Maaafkan Gurumu,Nak” yang tergabung dalam buku “Siswaku, Darimu Aku Belajar” dan “Ayah, Ijinkan Aku Bercerita” yang tergabung dalam buku “Sulam Rindu”. Ke dua buku tersebut adalah buku yang ber ISBN yang diterbitkan oleh Omera Pustaka.

Guru MAN 5 Sleman Hibahkan Buku Karyanya ke Perpustakaan Amarta MAN 5 Seman

Sedangkan Istiqomah, S.Pd berkontribusi menulis kisah yang berjudul “Mengajar Fisika” dalam buku “Kisah Inspiratif Guru Fisika.” Buku ini ditulis oleh 19 guru Fisika se Daerah Istimewa Yogyakarta. Buku ber-ISBN yang diteritkan oleh penerbit Adzkiya ini berisi tentang kumpulan kisah-kisah guru-guru Fisika dalam perjalanannya menjadi guru fisika maupun kisah inspiratif yang dialami sebagai guru Fisika.

Menulis merupakan salah satu tuntutan profesi bagi seorang guru.  Untuk naik pangkat, guru harus membuat karya ilmiah dan karya inovasi, misalnya PTK, artikel, modul, karya sastra baik itu berupa cerpen, puisi, novel maupun karya lainnya. Selain itu dengan menulis, kemampuan literasi guru menjadi terasah.

Kepala MAN 5 Sleman, Drs. Aris Fu’ad menuturkan, "Spirit hibah (wakaf) buku perlu ditularkan, apalagi buku itu buah dari karya sendiri, sehingga lebih bermanfaat karena dibaca dan ilmunya tersebar sehingga menjadi amal jariyah bagi penulisnya.”

Lebih lanjut kepala MAN 5 Sleman mengatakan bahwa semangat menulis di kalangan para guru masih menjadi hal yang sulit, sehingga perlu setiap saat disyiarkan sehingga menumbuhkan motivasi bagi orang di sekitar kita, terinspirasi untuk berpikir kritis, inovatif dan berbudaya ilmiah.

Penyerahan 3 buah buku ini dilakukan di ruang perpustakaan Amarta MAN 5 Sleman pada Selasa (18/08/2020) agar menjadi bagian dari koleksi perpustakaan madrasah. Selain itu juga untuk mempersiapkan akreditasi perpustakaan yang akan dilaksanakan beberapa bulan lagi. Salah satu indikator yang harus dipenuhi adalah karya siswa dan karya guru yang didokumentasikan dalam perpustakaan.

Kepala perpustakaan Nur Widayati, M.Sc. menyatakan rasa terima kasih yang tak terhingga atas hibah buku karya dari ke dua guru tersebut. “Semoga buku-buku ini memberikan inspirasi bagi pembaca pada umumnya dan guru serta tenaga pendidik untuk berkarya, memberikan kepercayaan bahwa kita semua bisa menulis asal mau berusaha,” ungkapnya setelah menerima hibah buku antologi tersebut. (yanti/tmr)

Kontributor : MAN5SLEMAN
Editor : Titik Nur Farikhah
Dibaca : 417

Bagikan