Guru MTsN 3 Bantul Dapatkan Ilmu Menyusun PTK di Masa Pandemi


Guru MTsN 3 Bantul Dapatkan Ilmu Menyusun PTK di Masa Pandemi Narasumber workshop PTK MTsN 3 Bantul
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2020-08-23 15:40:45

Bantul (MTsN 3 Bantul) – PTK (Penelitian Tindakan Kelas) merupakan kegiatan penelitian yang dilakukan di kelas oleh guru pengampu mata pelajaran. Kegiatan ilmiah tersebut dilakukan saat kegiatan pembelajaran tatap muka dengan interaksi antara guru dan siswa. Permasalahannya terkait dengan masa pandemi covid-19, pembelajaran tatap muka belum diizinkan untuk dilaksanakan sehingga pelaksanaan pembuatan PTK menjadi terganggu. Untuk itu harus ada cara khusus yang bisa dilakukan oleh guru dalam rangka pembuatan PTK.

Cara itu disampaikan oleh nara sumber workshop PTK MTsN 3 Bantul yaitu Ramea Agus Purnama, M.Pd. Pada Sabtu (22/8/2020), pengawas SMP Disdikpora Kabupaten Bantul tersebut memberikan materi PTK kepada seluruh guru madrasah hijau Giriloyo bertempat di aula madrasah. Pada hari pertama pelaksanaan workshop, Agus menyampaikan pengertian PTK secara umum serta cara jitu menyusun penelitian berbasis kelas tersebut.

Selanjutnya Agus menyampaikan bagaimana melaksanakan PTK di masa pandemi. Karena tidak ada pembelajaran tatap muka, maka pengambilan data PTK tetap melalui proses pembelajaran tetapi dilaksanakan secara daring (dalam jaringan. “Caranya guru harus masuk dalam grup atau menjadi anggota kelas tersebut, selanjutnya melakukan kegiatan pembelajaran baik secara individu maupun membentuk kelompok di kelas tersebut. Dengan cara itu maka pengambilan data dilakukan juga secara daring,” terang Agus. (ist)

 

Tetap sehat dan semangat#Lawan Covid19

 

 

Kontributor : MTSN3BANTUL
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 5823

Bagikan