Tim Hadroh MAN 2 Bantul Persiapkan Diri Meriahkan HUT Madrasah


Tim Hadroh MAN 2 Bantul Persiapkan Diri Meriahkan HUT Madrasah Tim hadroh MAN 2 Bantul
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2020-08-23 09:44:47

Bantul (MAN 2 Bantul) - Hadroh adalah kesenian rebana yang mengakar pada kebudayaan islam yang sering disebut sebagai kegiatan syiar lewat syair. Di Indonesia, hadroh ini identik sebagai kesenian milik lingkungan pesantren khususnya di tanah Jawa. Jika diperhatikan, kesenian hadroh ini lekat dengan kesenian dari Arab dan Persi yang diberi sentuhan kebudayaan setempat pada irama pengiringnya. Kesenian Islam ini biasa digunakan dalam penyambutan acara-acara besar.

Demikian yang dilakukan oleh tim hadroh MAN 2 Bantul yang sudah eksis diantara ekstrakurikuler madrasah yang lain dan sering mengisi momen-momen penting madrasah. Pada Sabtu (15/8/2020) tim hadroh yang dipimpin Miqdam Al Hafidz, S.Pd.I ini melaksanakan latihan di masjid At Ta’awwun MAN 2 Bantul dalam rangka persiapan mengisi puncak acara HUT (Hari Ulang Tahun) ke 52 madrasah. Guru Al Quran Hadits madrasah keterampilan Bantul tersebut memimpin siswa pengiring dengan tekun.

Menurut Miqdam, hadroh adalah seni ciri khas Islam sehingga MAN 2 Bantul sebagai sekolah negeri yang berciri khas Islam harus mempunyai grup kesenian ini. “Anak-anak MAN 2 Bantul saya amati banyak yang berpotensi dalam membawakan hadroh, saya berusaha mencari bakat diantara mereka,” terang Miqdam. Pada masa normal, kegiatan latihan dilaksanakan secara rutin seminggu sekali, namun saat datangnya wabah covid-19, latihan mereka dilaksanakan sesuai kepentingan. (edp)

 

Tetap sehat dan semangat#Lawan Covid19

Kontributor : MAN 2 BANTUL
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 330

Bagikan