Dirjen PHU Tinjau Pembangunan Dua PLHUT di DIY


Dirjen PHU Tinjau Pembangunan Dua PLHUT di DIY
Kategori : KANWIL
Tanggal : 2020-08-23 07:42:20

Yogyakarta (Humas Kemenag DIY)--Pembangunan Gedung Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) di beberapa Kabupaten dan Kota di Indonesia terus dikebut Kementerian Agama melalui Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU). Pembangunan gedung PLHUT ini bersumber anggaran Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) sehingga nantinya bisa dijadikan gedung yang fungsional.

"Anggaran SBSN tidak hanya dipergunakan untuk pembangunan asrama haji saja, tapi juga bisa dipergunakan untuk pembangunan gedung layanan terpadu haji dan umrah," kata Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Nizar saat mengunjungi proyek pembangunan PLHUT Kabupaten Bantul dan Kabupaten Gunungkidul, DIY, Sabtu (22/08/2020).

Dirjen PHU Tinjau Pembangunan Dua PLHUT di DIY

Nizar berharap nantinya Gedung PLHUT ini dapat menjadi pelayanan satu pintu selain pelayanan satu pintu yang ada di Kantor Kemenag Kabupaten/Kota.

"Sehingga ini semacam PTSP lah, tapi lebih fokus dalam satu tempat khusus haji, PTSP nya disana tapi inputnya disini (PLHUT), jadi ada konektivitas antara PTSP dan PLHUT," jelasnya.

Lebih lanjut, Mantan Kepala Kanwil Kemenag DIY ini juga meminta nantinya gedung PLHUT dapat meningkatkan pelayanan haji dan umrah, pembinaan Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) dan Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK).

"Asumsinya gedung ini dapat meningkatkan pelayanan haji dan umrah, pembinaan Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) serta Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK)," ujarnya.

Sebagai informasi, PLHUT Kabupaten Bantul berdiri di atas lahan 365m2 berada tepat di seberang jalan dari Kantor Kemenag Bantul. Sedangkan PLHUT Kabupaten Gunungkidul berdiri di atas lahan 5.800m2 di Jalan Kyai Legi, Kepek, Wonosari, Gunungkidul yang kedepannya direncanakan akan dibangun pula gedung baru Kantor Kemenag Gunungkidul.

Turut hadir dalam peninjauan tersebut, Kepala Kanwil Kemenag DIY Edhie Gunawan, Kabag Tata Usaha Wahib Jamil, Kepala Kemenag Bantul Aidi Johansyah, Kepala Kemenag Gunungkidul Arief Gunadi, Kasubdit Pendaftaran dan Pembatalan Haji Reguler Ditjen PHU M. Khanif, Kabag Umum Ditjen PHU Agus Syafi', Kabid PHU Kanwil Kemenag DIY Sigit Warsita, Kasubbag Umum dan Humas Ahmad Fauzi serta jajaran Kasi Bidang PHU Kanwil Kemenag DIY.[]

Kontributor : Bramma Aji Putra
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 220

Bagikan