Meski Pandemi MAN 4 Sleman Tetap Lakukan Supervisi


Meski Pandemi MAN 4 Sleman Tetap Lakukan Supervisi Drs. H. Qomarudin,M.Pd.I saat dialog dengan salah satu guru MAN 4 Sleman, guru-guru pun antri untuk menghadap
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2020-08-22 11:21:00

Sleman (MAN 4 Sleman) – Aministrasi merupakan bagian dari tugas guru dalam menunaikan tugas keseharian dalam pembelajaran.  Pandemi Corona telah mengharuskan pembelajaran dilakukan secara dalam jaringan (daring) atau pembelajaran jarak jauh (PJJ).  Demikian halnya saat pembelajaran dalam jaringan, guru pun harus menyiapkan materi pembelajaran dilengkapi dengan administrasi sesuai ketentuan.  “Setidaknya ada lima komponen minimal yang harus disiapkan oleh guru di atanranya silabus, rencana pembelajaran, jadwal mengajar, presensi dan daftar nilai, serta agenda kegiatan guru,” kata Drs. H. Qomarudin,M.Pd.I pengawas madrasah saat memantau kegiatan guru di MAN 4 Sleman Sabtu (14/08/2020).

Secara antri setiap guru menghadap supervisor atau pengawas, terutama untuk guru-guru senior untuk  melakukan dialog serta menunjukkan administrasi yang sudah dibuat.  “Guru menunjukkan aplikasi yang dipergunakan untuk PJJ, beberapa guru memanfaatkan Geschool, Google Classroom, quizizz dan lain-lain.  Kami melihat juga guru-guru juga menyiapkian video pembelajaran yang diunggah di youtobe.  Kami juga mengetahui kendala yang dihadapi guru saat PJJ,” lanjut Qomarudin usai melakukan supervise.   Mohamad Yusuf,S.Ag kepala madrasah juga mensupervisi guru-guru dengan dialog langsung di ruang kepala.  Supervisi juga dilakukan oleh Triono,S.Pd wakil kepala madrasah urusan kurikulum.

Meski Pandemi MAN 4 Sleman Tetap Lakukan Supervisi

“Guru-guru ASN baru mayoritas masih muda secara administrasi lengkap.  Demikian juga dalam pembelajaran, mereka cukup kreatif karena memiliki kecakapan yang baik terutama dalam bidang teknologi informasi,” papar Triono. Satu persatu guru maju menghadap pengawas, kepala atau wakil kepala urusan kurikulum untuk disupervisi.  Meski di masa pandemi, guru-guru tetap semangat mengikuti kegiatan supervise.  (eds)

Tetap Sehat dan Semangat #LawanCovid-19

Kontributor : MAN4SLEMAN
Editor : Titik Nur Farikhah
Dibaca : 300

Bagikan