Kepala Badan Litbang Diklat : Informasi dan Pengetahuan Menu Utama Abad 21


Kepala Badan Litbang Diklat : Informasi dan Pengetahuan Menu Utama Abad 21
Kategori : KANWIL
Tanggal : 2019-07-23 10:47:50

Jakarta (Inmas DIY)  - Kepala Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI, Prof. H. Abdurrahman Mas’ud, Ph.D. mengungkapkan terdapat dua menu utama abad 21, yakni informasi (information) dan pengetahuan (knowledge). Hal tersebut, disampaikan di hadapan sekitar 30 peserta Pelatihan Pengembangan Sistem Manajemen Informasi Angkatan I, di Pusdiklat Jakarta, Selasa (23/7).

“Siapa yang menguasai informasi dan pengetahuan akan bisa menguasasi dunia. Sebaliknya yang kalah akan tertindas,” ungkap Guru Besar UIN Wali Songo Semarang tersebut.

Ia pun berpesan agar generasi bangsa tidak buta huruf (illiterate) sehingga tidak gagap dengan perkembangan zaman. Begitupun terhadap Pancasila sebagai ideologi Negara. Apalagi sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) sudah semestinya menjadi perekat persatuan bangsa.

Menurutnya nilai-nilai dalam Pancasila selarasa dengan ajaran agama yang ada di Indonesia. Apalagi Pancasila lahir tidak lepas dari usaha dan perjuangan umat Islam. Sehingga menurutnya menjadi kontradiktif, jika ada sebagian umat Islam justru menentang Pancasila.

Ia pun mengutip satu ayat dalam Alquran yang menyiratkan tujuan manusia diciptakan berbeda jenis kelamin, berbangsa-bangsa dan bersuku-suku ialah untuk saling mengenal dan menciptakan peradaban. [eko]

Kontributor : Eko Triyanto
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 198

Bagikan