Masa Pandemi Covid-19, MTsN 9 Bantul Luncurkan Lima Inovasi Pelayanan


Masa Pandemi Covid-19, MTsN 9 Bantul Luncurkan Lima Inovasi Pelayanan
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2020-08-19 14:38:36

Bantul (MTsN 9 Bantul) – Pandemi covid-19 menuntut perubahan pada banyak hal di dunia pendidikan, salah satunya terkait pelayanan. Begitupun dengan MTsN 9 Bantul yang kemudian meluncurkan lima inovasi pelayanan di tahun pelajaran 2020/2021. Nur Hasanah Rahmawati, S.Ag., M.M. menjelaskan, kelima inovasi pelayanan ini diwujudkan demi memenuhi protokol kesehatan yang berlaku.

“Kami punya lima inovasi pelayanan, yaitu One Point Entrance (OPE), One Point Service (OPS), Online Visitor Book (OVB), Online Visitor Review (OVR), dan Flexible Working Space (FWS),” tutur Atik, sapaan akrab Kepala Madrasah MTsN 9 Bantul.

Lebih lanjut, Atik menjelaskan OPE merupakan inovasi dari Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP). OPE dikaitkan dengan OPS, OVB, dan OVR. OPS merupakan tindak lanjut dari OPE yang memusatkan pelayanan daring melalui WhatsApp. Menurut keterangan Atik, OPE dikelola oleh admin dari MTsN 9 Bantul.

“Semua orang yang ingin mendapatkan pelayanan dari MTsN 9 Bantul dapat menghubungi admin OPE,” jelas Atik.

OVB merupakan inovasi buku tamu daring. Semua orang yang datang ke MTsN 9 Bantul diwajibkan mengisi buku tamu daring untuk memetakan kondisi terkini tamu. Sementara OVR digunakan untuk menghimpun respon dari masyarakat terkait pelayanan dari MTsN 9 Bantul. Respon inilah yang akan dijadikan MTsN 9 Bantul sebagai bahan evaluasi.

Inovasi terakhir adalah FWS yang dilakukan dengan mengatur ruang kerja guru dan pegawai secara fleksibel. Atik mengaku, ruang kerja guru dan pegawai di MTsN 9 Bantul memang masih terhitung sempit.

“Karena ruang kerja kami terbatas, maka muncullah inovasi FWS ini,” tutur Atik, “demi memenuhi protokol kesehatan untuk keselamatan bersama,” pungkasnya. (and)

Kontributor : MTSN9BANTUL
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 419

Bagikan