MAN 1 Bantul Sesuaikan Kembali Arah Kiblat Musala bersama Kemenag Bantul


MAN 1 Bantul Sesuaikan Kembali Arah Kiblat Musala bersama Kemenag Bantul Pengukuran arah kiblat oleh pegawai Kankemenag Bantul
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2020-08-18 10:43:00

Bantul (MAN 1 Bantul) -- Pada waktu kita menunaikan salat, baik fardu ataupun sunat, kita wajib menghadap kiblat karena itu adalah satu syarat sah salat. Oleh karena itu, Kemenag Bantul melakukan pengumpulan kembali arah kiblat di Mushola Lama MAN 1 Bantul dan Calon Mushola Baru Raudhotul Muttaqin MAN 1 Bantul. Pengukuran ini dilaksanakan pada Kamis, (6/8/2020) lalu.

Pengukuran tersebut dibawah koordinasi Trubus Trimulyadi, S.Ag. Pengukuran dimulai pukul 09.00 hingga menjelang Duhur. Menurut Kepala MAN 1 Bantul, Abdul Ghofur, S.Ag., M.Pd. pengukuran arah kiblat sangat penting dilakukan supaya dalam menjalankan ibadah salat sesuai dengan syarat sahnya. “Adalah kewajiban umat Islam untuk shalat menghadap ke kiblat di Masjidil Haram. Karena MAN 1 Bantul sedang menyelesaikan pembangunan Mushola Raudhatul Muttaqin tahap pertama, perlu dilakukan pengukuran supaya nanti hasilnya tepat dan sesuai ilmunya,” jelas Ghofur. 

MAN 1 Bantul Sesuaikan Kembali Arah Kiblat Musala bersama Kemenag Bantul

MAN 1 Bantul Sesuaikan Kembali Arah Kiblat Musala bersama Kemenag Bantul

Sementara itu, menurut Trubus, pengukuran yang dilakukan Kemenag Bantul merupakan layanan gratis bukan hanya pada sekolah tetapi untuk masyarakat luas yang menghendaki. “Layanan ini berdasarkan ilmu falak, dengan metode dan ilmunya, serta dibantu ada alat khusus. Pertama kami menentukan arah mata angin terlebih dahulu baru kemudian menentukan sudut arah kiblat sehingga hasilnya mendekati akurat,” papar Trubus. (mry)

Kontributor : MAN 1 BANTUL
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 119

Bagikan