Uji Publik Kurikulum MTsN 8 Bantul 2020


Uji Publik Kurikulum MTsN 8 Bantul 2020 Hj. ANITA ISDARMINI, S.Pd, M.Hum sedang menelaah Kurikulum MTsN 8 Bantul 2020
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2020-08-13 14:51:08

Bantul (MTsN 8 Bantul)—Dalam rangka pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di MTsN 8 Bantul, maka perlu diselenggarakan Uji Publik Kurikulum MTsN 8 Bantul 2020.

Kegiatan ini diikuti semua guru dan karyawan MTsN 8 Bantul sebanyak 27 orang, 12 Komite MTsN 8 Bantul dan empat siswa MTsN 8 Bantul, Kamis (13/08/2020).

Acara dimulai jam 09.00 WIB dipandu Sulasri guru PAI MTsN 8 Bantul, dimulai dengan pembukaan dan Bacaan Al-Qur’an oleh Rushadi, dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia Raya dipandu Slamet Sadiatun, S.Pd. dan pembacaan 5 Budaya Kerja Kementerian Agama dipandu Masfah, S.Pd.I.

Kepala MTsN 8 Bantul H. Sugiyono, S.Pd. dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Kasi Kurikulum dan Kesiswaan Kanwil Kemenag DIY, Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Bantul dan Pengawas Madrasah yang berkenan hadir. Selanjunya kepala MTsN 8 Bantul berharap Uji Publik ini berjalan dengan baik dan menghasilkan rumusan yang tepat untuk pengembangan MTsN 8 Bantul.

Dalam kesempatan ini bertindak sebagai pembahas atau penguji adalah Kasi Kurikulum dan Kesiswaan Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag DIY Hj. Anita Isdarmini S.Pd, M.Hum, Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Kab. Bantul dan Mugiyanta selaku Pengawas Madrasah Kabupaten Bantul.

Selanjutnya pemaparan tentang kurikulum MTsN 8 Bantul disampaikan Munawar, S.Pd., MA. M.Si. yang memaparkan mulai dari sejarah berdirinya MTsN 8 Bantul, Visi Misi serta isian kurikulum. Selesai pemaparan selajutnya pembahasan pertama oleh Hj. Anita Isdarmini, S.Pd, M.Hum yang memberikan beberapa saran terkait MTsN 8 Bantul akan dibawa kemana dan menyampaikan tips supaya MTsN 8 Bantul semakin diminati yaitu branding dan publishing. MTsN 8 Bantul akan dijadikan seperti apa, punya ciri khas apa, apa mau dijadikan olahraga sebagai unggulan, atau ketrampilan. Anita menyarankan untuk dibuat kelas ketrampilan apalagi sekarang di sekitar MTsN 8 Bantul banyak obyek wisata yang memungkinkan untuk memasarkan berbagai hasil ketrampilan yang akan menjadi nilai tambah MTsN 8 Bantul untuk dikenal lebih luas lagi dan menyatakan siap memfasilitasi untuk pengembangan MTsN 8 Bantul.

Kasi Dikmad Jauhar Mukhlis Salistyanya, S.Ag mencermati berbagai aturan yang ada, termasuk acuan dalam pengembangan kurikulum untuk mengacu dasar Keputusan Menteri Agama (KMA) dan mengapresiasi kegiatan uji publik, karena sampai sekarang pun masih ada madrasah yang belum melaksanakan uji publik dan berharap selesai uji publik dilanjutkan sampai tahap pengesahan dan penetapan.

Sedangkan Drs. H. Mugiyanta, MSI, menyampaikan beberapa tahapan kegiatan pengembangan kurikulum yang harus dilaksanakan dari awal sampai akhir dan berharap supaya lebih melibatkan lagi masyarakat termasuk juga pejabat atau stakeholder MTsN 8 Bantul khususnya Lurah Desa atau Camat, yang diharapkan dapat membantu pengembangan MTsN 8 Bantul seperti jika dimungkinkan MTsN 8 Bantul memiliki tempat khusus di obyek wisata yang bisa dijadikan laboratorium ketrampilan dan penjualan produk/hasil ketrampilan siswa MTsN 8 Bantul.

Kegiatan diakhiri jam 12.00 WIB dengan doa dipandu Ashari salah satu pendiri MTsN 8 Bantul. (ahm)

Kontributor : MTSN8BANTUL
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 183

Bagikan