Ikatan Alumni MIM Kenteng Gelar Aksi TPA Berbagi


Ikatan Alumni MIM Kenteng Gelar Aksi TPA Berbagi Kegiatan TPA Berbagi Alumni MIM Kenteng, Demangrejo, Sentolo, Kulon Progo, Ahad (9/8/2020) pagi
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2020-08-12 10:11:33

Kulon Progo (MIM Kenteng) – Ikatan alumi merupakan sebuah perkumpulan para siswa lulusan dari sebuah instansi pendidikan. Ikatan Alumni MIM Kenteng ini terdiri dari beberapa siswa lulusan MIM Kenteng dari berbagai lintas generasi. Hal itu diungkapkan Ketua Ikatan Alumni MIM Kenteng, Teguh Cahyana, S.Pd. di sela-sela kegiatan TPA Berbagi, Ahad (9/8/2020) pagi.

“Ikatan alumni MIM Kenteng beranggotakan dari berbagai lintas generasi. Kami memiliki kegiatan rutin antara lain Taman Pendidikan Al-Qur’an, dan beberapa kegiatan sosial. Salah satu kegiatan sosial yang merupakan unggulan yaitu TPA Berbagi. Kegiatan ini dirintis sejak tahun 2009 bersama-sama terinisiasi dari beberapa alumni yang sudah lumayan lama berkiprah didalamnya,” ungkap Teguh.

Ikatan Alumni MIM Kenteng Gelar Aksi TPA Berbagi

Ikatan Alumni MIM Kenteng Gelar Aksi TPA Berbagi

Ikatan Alumni MIM Kenteng Gelar Aksi TPA Berbagi

Ikatan Alumni MIM Kenteng Gelar Aksi TPA Berbagi

“Ikatan Alumni ini memiliki anggota kurang lebih 40 orang mulai dari tingkat SMP/MTs, MA/SMA/SMK, mahasiswa dan ada yang sudah bekerja. Kegiatan TPA Berbagi ini rutin dilaksanakan setiap sebulan sekali setiap minggu pertama dan menyesuaikan dengan situasi dan kondisi. Kegiatan dilakukan secara bersama mulai dari membungkus bingkisan yang akan disumbangkan. Bingkisan berisi bahan keperluan pokok dan beberapa tambahan lainnya. Kegiatan ini dilakukan secara door to door,” tambahnya.

Biasanya target penyeluran bingkisan untuk keluarga yang kurang mampu dalam ekonomi, santri TPA berprestasi, anak yatim/piatu/yatim piatu. Dalam sekali kegiatan rata-rata menyalurkan tiga bingkisan. Adapun anggaran untuk kegiatan ini berasal dari alumni-alumni yang sudah bekerja dan sukses di bidangnya masing-masing.

Rujito, S.Pd.I, M.Pd. selaku Kepala Madrasah mengaku bangga dengan kegiatan yang dilakukan para alumni madrasahnya. “Kami sangat bangga dengan kegiatan ini, perlu adanya perkaderan secara kontinyu supaya bisa terus berlanjut. Kami berharap kegiatan ini menjadi salah satu upaya dalam pembelajaran sedekah dan berbagi kepada sesame. Selain itu juga meningkatkan rasa empati sebagai wujud pengaplikasian nilai-nilai sebagai makhluk sosial,” ucap Rujito. (ras/abi)

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

Kontributor : KEMENAGKP
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 185

Bagikan