Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik, Kemenag DIY Gelar Bimtek bagi Petugas FO KUA


Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik, Kemenag DIY Gelar Bimtek bagi Petugas FO KUA
Kategori : KANWIL
Tanggal : 2019-03-20 10:59:30

Yogyakarta (Inmas DIY)--Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY melalui Bidang Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais Binsyar) mengadakan Bimbingan Teknis Peningkatan Layanan Publik Berbasis Integrasi Data, Rabu (20/03) di Hotel Sahid Jaya Babarsari, Yogyakarta. Kegiatan ini diikuti seluruh petugas front office (FO) Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan dan unsur Bimas Islam Kankemenag Kabupaten/Kota se-DIY.

 

Kabid Urais dan Binsyar Nadhif menyampaikan melalui kegiatan ini pihaknya ingin meneguhkan tekad dan memberikan kesamaan visi-misi bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) petugas FO. "Mereka kebanyakan dari rekrutmen K2 yang tentu memiliki latar belakang berbeda-beda," ungkapnya.

 

Terlebih jika disadari KUA adalah garda terdepan UPT Ditjen Bimas Islam sekaligus etalase Kemenag yang berhadapan langsung dengan masyarakat. "Maka diperlukan petugas yang handal menguasai tupoksinya," sambungnya lagi.

 

Tujuan lain kegiatan ini, menurutnya, adalah mewujudkan mantra moderasi agama sesuai amanat Rapat Kerja Nasional Kemenag beberapa waktu lalu.

 

Karenanya, narasumber berkompeten dihadirkan dalam kesempatan ini. Yakni Fahmy Akbar Idris yang menyampaikan pemaparan "Best Practices Sikap dan Kode Etik Penerapan SOP Layanan Perkantoran",  Anwar Sa'adi tentang "Standarisasi Mutu Layanan KUA Kecamatan Berbasis Integrasi Data" dan Dirjen Bimas Islam Prof. Muhammadiyah Amin menyampaikan "Kebijakan Ditjen Bimas Islam dalam Peningkatan Mutu SDM Pelayanan KUA Kecamatan". 

 

Di akhir kegiatan diselenggarakan Rencana Kerja Tindak Lanjut yang harapannya dapat merumuskan pijakan dan standarisasi pelayanan FO di KUA Kecamatan. (bap)

Kontributor : Bramma Aji Putra
Editor : bap
Dibaca : 583

Bagikan