Hindari Kerumunan, MTsN 4 Bantul Sembelih Hewan Qurban Batasi Kehadiran Siswa


Hindari Kerumunan, MTsN 4 Bantul Sembelih Hewan Qurban Batasi Kehadiran Siswa
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2020-08-02 15:35:50

Bantul (MTsN 4 Bantul)—Guna menghindari kerumunan massa MTs Negeri 4 Bantul pada tahun 1441 H/2020M ini selenggarakan penyembelihan hewan Qurban batasi kehadiran siswa, Sabtu(1/08/2020). Hal ini dilakukan untuk pencegahan penularan virus Corona (Covid-19). Kegiatan Penyembelihan hewan Qurban dilaksanakan di halaman MTsN 4 Bantul disaksikan oleh para Sohibul Qurban.

“Untuk tahun ini kita melaksanakan kegiatan Qurban berbeda dengan tahun sebelumnya. Perayaan Idul Adha biasanya dilaksanakan dengan serangkaian kegiatan keagamaan seperti Pengajian, Memasak Bersama, Lomba keagamaan, namun tahun ini cukup dengan Penyembelihan Qurban dan hanya dihadiri oleh Guru dan Karyawan tanpa siswa. Sedang daging Qurban tetap dibagikan ke siswa dan masyarakat sekitar dengan memperhatikan protokol kesehatan,” ujar Kepala Madrasah, Siti Solichah,S.Pd di lokasi penyembelihan.

Sementara waka Humas, Aris Abdullah,MSI menyampaikan “MTsN 4 Bantul tahun ini menyembelih hewan Qurban sebanyak 2 ekor sapi dengan sohibul Qurban dari bapak ibu guru MTsN 4 Bantul, dan siswa tidak melakukan latihan Qurban,” ucapnya. Untuk menjaga kebersihan dan higienis, daging Qurban dibagi menjadi paket penerimaan dengan menggunakan pembungkus yang higienis dan ramah lingkungan.  Sistem pembagian daging Qurban dibagi dengan menghindari kerumunan dengan membatasi massa dan sebagian diantar ke rumah mustahik.

Berkurban merupakan tuntunan Islam, dimaksudkan merupakan bentuk rasa syukur atas nikmat yang diberikan Allah, swt. Qurban dapat menumbuhkan jiwa kemanusiaan dan sifat utama dengan berderma.(khj)

Kontributor : MTSN 4 BANTUL
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 208

Bagikan