MTsN 6 Sleman Perkenalkan Aplikasi Penilaian DIGIMA 6.1 kepada Guru


MTsN 6 Sleman Perkenalkan Aplikasi Penilaian DIGIMA 6.1 kepada Guru
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2020-08-01 20:35:54

Sleman (MTsN 6 Sleman) – Tahun pelajaran 2020-2021, MTsN 6 Sleman diberikan  amanah sebagai madrasah yang melaksanakan Sistem Kredit Semester (SKS) yang dimulai bagi siswa kelas 7. Semenjak itu,  MTsN 6 Sleman terus berbenah diri mempersiapkan semua pendukung suksesnya program ini seperti mempersiapkan SDM guru, bahan ajar, alat penilaian, strategi pembelajaran,  dll.  Untuk memantapkan program ini, beberapa kali MTsN 6 mengadakan koordinasi pemantapan sistem SKS. Seperti hari ini Rabu (29/07/2020), bertempat di aula Asrama Putri,  MTsN 6 mengadakan koordinasi tentang alat penilaian yang dihadiri seluruh guru mapel yang mengajar di kelas 7.

Anang Sumarna, S.Ag. M.Si yang ditunjuk sebagai koordinator pembuatan alat penilaian mengatakan bahwa alat penilaian merupakan bagian penting dari sebuah pembelajaran. Di era digital ini, guru hendaknya tidak lagi disibukkan untuk memasukkan nilai secara manual mengingat penilaian untuk sistem SKS ini lebih rumit dari sistem reguler. “Untuk itu kami dari Tim IT MTsN 6 Sleman memperkenalkan sebuah alat penilaian yang kami beri nama DIGIMA 6.1.  Digital Madrasah versi 6.1 atau nantinya disebut DIGIMA 6.1 merupakan sebuah aplikasi penilaian yang mendukung sistem evaluasi e-learning MTsN  6 Sleman.
    
Lebih lanjut M. Akfi Rizqun Aji, S.Si sebagai salah satu perancang DIGIMA 6.1 pada kesempatan tersebut menerangkan dengan sejelas-jelasnya pada para guru tentang sistem kerja alat penilaian ini. Pada dasarnya DIGIMA 6.1 sangat membantu guru dalam menilai pekerjaan siswa sehingga sangat meringankan beban guru dalam mengolah nilai. “Pokoknya bapak ibu guru tinggal memasukkan nilai dan nanti alat ini yang akan bekerja untuk bapak ibu guru mewujudkan nilai akhir sistem SKS,” kata Akfi besemangat. 

MTsN 6 Sleman Perkenalkan Aplikasi Penilaian DIGIMA 6.1 kepada Guru

Para guru menyambut antusias dengan adanya DIGIMA 6.1 karena terlihat sangat membantu kerja mereka dalam proses penilaian nantinya. Beberapa guru menanyakan lebih detil cara kerja alat ini. Ada masukan yang bagus dari Drs. Soklis Etnadi yang dicatat oleh  Tim IT yaitu agar ditambahkan kolom remedial dalam alat penilaian ini sehingga proses pembelajaran dan penilaian tiap anak dapat terekam dengan jelas. 

Di akhir rapat koordinasi Kepala MTsN 6 Sleman Harsoyo, S.Pd berpesan agar semua warga MTsN 6 Sleman menyukseskan program SKS ini. “Saya yakin kita mampu karena terbantu dengan berbagai kemudahan aplikasi digital, yang salah satunya adalah  aplikasi digital DIGIMA 6.1 karya Anang Sumarna dan Tim IT madrasah. Dengan demikian kita tidak gamang menjalankan sistem SKS yang diembankan pada kita,” kata Harsoyo mengakhiri rapat koordinasi ini. Insha Allah, Allah SWT meridai usaha MTSN 6 Sleman. (luf)

Kontributor : MTSN6SLEMAN
Editor : Titik Nur Farikhah
Dibaca : 198

Bagikan